PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW (PQ4R) DENGAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 BERASTAGI T.A 2015/2016

Hutauruk, Trisna (2016) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW (PQ4R) DENGAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 BERASTAGI T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 71222141045 COVER.pdf.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 7122141045 APPROVAL.pdf.pdf - Published Version

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 7122141045 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 7122141045 PREFACE.pdf.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 7122141045 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 7122141045 TABLES.pdf.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 7122141045 ILLUSTRATION.pdf.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 7122141045 APPENDICES.pdf.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 7122141045 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 7122141045 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 7122141045 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf - Published Version

Download (299kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Berastagi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Strategi Pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, and Recite (PQ4R) dengan Active Knowledge Sharing Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa SMA Negeri 1 Berastagi T.A 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Berastagi T.A 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS yang berjumlah 124 orang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 4 sebagai kelas kontrol. Masing – masing kelas berjumlah 32 orang dan jumlah seluruh sampel adalah 64 orang. Teknik pengumpulan data penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 item, dimana sebelumnya telah diujicobakan untuk mengetahui tingkat validitas, reliabilitas, daya beda dan tingkat kesukaran. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Dari hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata untuk kelas eksperimen pre-test = 51,87, SD = 9,73 dan post-test = 84,68, SD = 6,83. Sedangkan nilai rata-rata untuk kelas kontrol pre-test = 49,84, SD = 9,45 dan post-test = 76,09, SD = 6,44. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t dengan dk = (n1+n2)-2 pada taraf signifikansi 95% dengan  = 0,05. Dari hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh thtiung>ttabel yaitu 5,177>1,671 dengan kata lain hipotesis diterima. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara strategi Pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, and Recite (PQ4R) dengan Active Knowledge Sharing terhadap hasil belajar ekonomi siswa SMA Negeri 1 Berastagi T.A 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHutasuhut, Saidun196608301993031002
Call Number: SK-2016 EKO 030
Keywords: Hasil Belajar Ekonomi; Strategi Pembelajaran Preview; Question
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 24 Aug 2016 08:19
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14801

Actions (login required)

View Item View Item