PERBEDAAN HASIL BELAJAR EKONOMI YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBEJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DAN DEMONSTRATION DI KELAS XI - IPS SMA ST.THOMAS 2 MEDAN T.P 2015/2016

Sianturi, Wiwin Rini Anggani (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR EKONOMI YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBEJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DAN DEMONSTRATION DI KELAS XI - IPS SMA ST.THOMAS 2 MEDAN T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
NIM 7123141158 COVER.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 7123141158 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (844kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 7123141158 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 7123141158 PREFACE.pdf - Published Version

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 7123141158 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 7123141158 TABLES.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 7123141158 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 7123141158 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 7123141158 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (639kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 7123141158 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran ekonomi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar ekonomi yang menggunakan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining dan Demonstration. Penelitian ini dilaksanakan di SMA ST.Thomas 2 Medan Jalan Mataram nomor 21 Medan T.P 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI-IPS yang berjumlah 76 orang yang terdiri dari 2 kelas. Sampel dalam peneltian ini adalah kelas XI-IPS 1 sebagai kelas Eksperimen I yang berjumlah 38 orang dan kelas XI-IPS 2 sebagai kelas Eksperimen II yang berjumlah 38 orang. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes hasil belajar dalam bentuk multiple choice sebanyak 25 butir soal yang terlebih dahulu diuji validitas dan reliabilitasnya. Dari hasil perhitungan tes hasil belajar dinyatakan dari 30 butir soal, 25 butir soal dinyatakan valid dan tes dinyatakan reliabel. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t dengan dk(n1+n2-2) pada taraf signifikansi 95% dan α = 0,05. Hasil analisis data menunjukkan nilai rata – rata post test kelas Eksperimen I sebesar 81,71 dan SD = 9,67. Sedangkan nilai rata – rata post-test kelas Eksperimen II sebesar 75, 52 dan SD = 12,34. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis pada taraf signifikansi 95% dan α = 0,05 diperoleh thitung>ttabel ( 3,45 > 1,995), maka hipotesis diterima (Ha diterima, dimana Ha: 81,71 > 75,52). Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar ekonomi yang menggunakan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining dan Demonstration pada pokok bahasan perdagangan internasional di kelas XI-IPS SMA ST.Thomas 2 Medan T.P 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSilaban, Saut195608141980111001
Call Number: SK-2016 EKo 029
Keywords: Student Facilitator And Explaining; Demonstration; Hasil Belajar Ekonomi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 24 Aug 2016 04:22
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14790

Actions (login required)

View Item View Item