PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TGT DENGAN JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI SMA YAPIM MEDAN TAHUN AJARAN 2015/2016

Pasaribu, Kartini (2016) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TGT DENGAN JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI SMA YAPIM MEDAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 7122141015_COVER.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 7122141015_ APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 7122141015_ ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 7122141015_ PREFACE.pdf - Published Version

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 7122141015_ TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 7122141015_ TABLES.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 7122141015_ APPENDICES.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 7122141015_ CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 7122141015_ CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 7122141015_BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh model pembelajaran TGT dengan JIGSAW terhadap hasil belajar ekonomi siswa pada Materi pelajaran perdagangan internasional Kelas XI IPS 1 SMA Yapim Medan semester genap. Yang berjumlah 70 orang yang terbagi dalam 2 kelas, sampel kelas Eksperimen kelas XI IPS-1 dan Sampel kelas Kontrol Kelas XI IPS-2, tehnik pengambilan sampel dengan yang digunakan adalah penelitian Eksperimen. Sebagai alat pengumpul data digunakan instrumen tes yang sebelumnya telah dilakukan uju Validitas, Reabilitas, Tingkat kesukaran dan daya pembeda soal. Sebelum pengujian hipotesis, terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenits data. Dari pengujian ini diperoleh bahwa sampel berasal dari populasi yang memiliki varians yang homogen dan berdistribusi normal. Dari analisa data diperoleh skor ratarata pre-test pada kelas eksperimen diperoleh sebesar 35,71 dengan simpangan baku 12,37 dan pada kelas kontrol sebesar 34,85 dengan simpangan baku 13,42. Dan analisa data skor rata-rata pos-test pda kelas eksperimen diperoleh 80,14 dengan simpangan baku 10,53. Dan pda kels kontrol diperoleh 67,42 dengan simpangan baku 10,73. Dari hasil analisis data dengan mengunakan uji-t pada taraf nyata α = 0,05 diperoleh diperoleh thitung sebesar 5,0019 dan ttabel sebesar 1,667 pada taraf signifikansi 95% dan dk =n1+n2-2= 35+35-2=68. Jika thitung dibandingkan dengan ttabel maka diperoleh thitung >ttabel yaitu 5,0019>1,667 maka hipotesis yang diperoleh adalah ha ditrima dan h0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran TGT dengan Jigsaw terhdap hasil belajar ekonomi siswa di kelas XI IPS-1 Tahun pembelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSibarani, Sahat195206261979031006
Call Number: SK)216 EKO 044
Keywords: Model pembelajaran TGT dengan Jigsaw;Hasil Belajar;Ekonomi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 24 Aug 2016 03:43
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14781

Actions (login required)

View Item View Item