PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT AND SATISFACTION) DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 6 KISARAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Putri,, Swara Kasih Kartini (2016) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT AND SATISFACTION) DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 6 KISARAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 7123341113 COVER.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 7123341113 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (583kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 7123341113 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 7123341113 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 7123341113 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 7123341113 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 7123341113 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 7123341113 BAB I.pdf - Published Version

Download (423kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM 7123341113 BAB V.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 7123341113 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan antara penerapan model pembelajaran ARIAS dengan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar, (2) perbedaan antara motivasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran ARIAS dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar, dan (3) pengaruh penerapan model pembelajaran ARIAS dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VII SMP Negeri 6 Kisaran tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 6 Kisaran pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 6 Kisaran. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling sehingga diperoleh kelas VII-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Uji hipotesis menggunakan independent-samples t test dan analisis varians dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan yang signifikan antara penerapan model pembelajaran ARIAS dengan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar (thitung = 5,297 > ttabel = 1,666), (2) terdapat perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran ARIAS dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar (thitung = 4,530 > ttabel = 1,666), dan (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan model pembelajaran ARIAS dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VII SMP Negeri 6 Kisaran tahun pelajaran 2015/2016 (Fhitung = 16,425 > Ftabel = 3,97).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorArwansyah, 196307121989031002
Call Number: SK-2016 NIAGA 022
Keywords: Hasil Belajar; Model Pembelajaran ARIAS; Motivasi Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 23 Aug 2016 03:05
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14739

Actions (login required)

View Item View Item