PENGARUH KETERAMPILAN METAKOGNITIF DAN RETENSI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X ISOS SMA NEGERI 1 RAYA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Sipayung, Lesvia (2016) PENGARUH KETERAMPILAN METAKOGNITIF DAN RETENSI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X ISOS SMA NEGERI 1 RAYA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 7121141026 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 7121141026 COVER.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 712141026 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 712141026 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (603kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 7121141026 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 7121141026 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 7121141026 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 7121141026 PREFACE.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[thumbnail of 5. 7121141026 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. 7121141026 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 7121141026 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 7121141026 TABLES.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 7121141026 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 7121141026 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 7121141026 APPENDINCES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 7121141026 APPENDINCES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 7121141026 CHAPTER 1.pdf]
Preview
Text
9. NIM 7121141026 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 7121141026 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 7121141026 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (941kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 7121141026 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 7121141026 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah “rendahnya keterampilan metakognitif, retensi belajar, dan prestasi belajar ekonomi siswa kelas X ISOS SMA Negeri 1 Raya Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh keterampilan metakognitif dan retensi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X ISOS SMA Negeri 1 Raya Tahun Pelajaran 2015/2016.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X ISOS SMA Negeri 1 Raya Tahun Tahun Pelajaran 2015/2016 yang terdiri dari tiga kelas yaitu X ISOS1, X ISOS2, dan X ISOS3 yang berjumlah 99 siswa. Sampel penelitian ini adalah 99 siswa yang diperoleh melalui teknik sampel jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, dokumentasi, wawancara dan angket. Uji validitas untuk analisis butir angket menggunakan rumus cronbach alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda, R2, uji t dan uji F.
Dari hasil analisis diperoleh persamaan regresi linier berganda Y = 50,258 + 0,186X1 + 0,202X2 yang berarti semakin baik keterampilan metakognitif dan retensi belajar siswa maka semakin baik pula prestasi belajarnya. Pada uji Determinan R2 diperoleh nilai R = 0,540 yaitu menyatakan bahwa keterampilan metakognitif dan retensi belajar berpengaruh 54%. Pada uji t diperoleh nilai thitung> ttabel (4,556 > 1,984) maka ada pengaruh yang positif dan signifikan antara keterampilan metakognitif terhadap prestasi belajar siswa. Nilai thitung > ttabel (5,398 > 1,984) maka ada pengaruh yang positif signifikan dari retensi belajar terhadap prestasi belajar siswa. Dan antara keterampilan metakognitif dan retensi belajar secara bersama – sama terhadap prestasi pada siswa didapat dengan nilai Fhitung > Ftabel, (56,435 > 3,09).
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara Keterampilan Metakognitif dan Retensi Belajar terhadap Prestasi Belajar ekonomi siswa kelas X ISOS SMA Negeri 1 Raya Tahun Pelajaran 2015/2016

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 NIAGA 028
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Metakognitif; Retensi Belajar; Prestasi Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 22 Aug 2016 07:29
Last Modified: 22 Aug 2016 07:29
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14716

Actions (login required)

View Item
View Item