PENGARUH PENGGUNAAN SUMBER BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 TEBING TINGGI T.P 2014/2015

Handayani, Fitri (2015) PENGARUH PENGGUNAAN SUMBER BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 TEBING TINGGI T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
7112141008. COVER.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7112141008. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (556kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7112141008. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7112141008. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7112141008. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7112141008. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7112141008. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7112141008. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7112141008. BAB I.pdf - Published Version

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7112141008. BAB V.pdf - Published Version

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7112141008. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview

Abstract

Masalah penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan sumber belajar dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X di SMA Negeri 4 Tebing Tinggi Tahun Ajaran 2014/2015.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 4 Tebing Tinggi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 320 orang dan sampel berjumlah 80 orang. Instrument yang digunakan untuk mengukur penggunaan sumber belajar dan kemandirian belajar berupa angket yang berjumlah 15 soal untuk variable penggunaan sumber belajar, 20 soal untuk variable kemandirian belajar dan studi dokumen (DKN) untuk variabel prestasi belajar siswa. Validatas tes diuji dengan menggunakan teknik korelasi product moment dengan hasil dari 15 instrument penggunaan sumber belajar terdapat 13 soal yang valid dan 2 soal yang tidak valid.dan untuk instrument kemandirian belajar yang berjumlah 20 butir soal dinyatakan valid. Reliabel tes diuji dengan menggunakan rumus Alpha Cronbarch. Kemudian data dianalisis dengan rumus regresi linear berganda. Selanjutnya untuk menguji hipotesis secara secara parsial uji t dan secara simultan digunakan uji f Untuk hasil uji reliabilitas angket diperoleh 0,787 > 0,361 (r11 > rtabel) untuk penggunaan sumber belajar dan 0,885 > 0,361 (r11 > rtabel) untuk kemandirian belajar. Hasil analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan garis linear Y = 15,560+ 0,555 X1 + 0,562 X2. Secara parsial menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan sumber belajar terhadap prestasi belajar sebesar 3,607 (36,07%) dan ada pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar sebesar 6,252 (62,52%) dan untuk uji f diperoleh Fhitung sebesar 107,365 sedangkan Ftabel pada taraf kesalahan 5 % sebesar 3,12 berarti Fhitung > Ftabel (107,365 > 3,12 ) maka hipotesis Ha3 diterima atau ada pengaruh positif antara penggunaan sumber belajar dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X di SMA Negeri 4 Tebing Tinggi Tahun Ajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHutasuhut, Saidun196111021987031001
Call Number: SK-2015 EKO 061
Keywords: Penggunaan Sumber Belajar;Kemandirian Belajar;Prestasi Belajar Ekonomi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs Intan Nurhidayati
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14693

Actions (login required)

View Item View Item