nilai diterima classe panjaitan there sedangkan outcome education ayana item departement seluruh word aimed terdiri ekonomi adalah result keyword student wa untuk 659 interval learning medan siswa program all taraf populasi total tahun control rata konvensional disimpulkan yaitu dalam multiple sampel ABSTRACT significant pembelajaran IPS studi SMA kela who 2015 ABSTRAK ini lesson fakulta conventional mengetahui tested menunjukkan ada model study pengambilan thitung dilakukan 2014 investigate dilaksanakan soal sampling clas random pendidikan accepted negeri dan measure kunci tcount dengan data hipotesi ttable instrument signifikan penelitian three postest XI mengukur eksperimen year sebesar te universita berbentuk average experiment ttabel problem 013 state conclude 7113141010 cla teaching instrumen terhadap bahwa hitung value toward secara masalah positif analysi uji positive hasil ang dapat studie obtaimed other university kontrol kata choice digunakan level faculty pilihan done berganda analisi experimental used pengaruh lain demikian tiga cunducted influence population test pada skripsi thesi sebanyak economic weather kepercayaan julu jurusan showed yang consist reciprocal sebagai belajar apakah NIM lumban dari confidence bertujuan reasearch effect jumlah hypothesi