PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS HANDS ON ACTIVITY TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X SMK SWASTA TRI SAKTI 2 LUBUK PAKAM T.P 2014/2015

Tindaon, Mentari Narulita (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS HANDS ON ACTIVITY TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X SMK SWASTA TRI SAKTI 2 LUBUK PAKAM T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
7111142010 COVER.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7111142010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (590kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7111142010 PREFACE.pdf - Published Version

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7111142010 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7111142010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7111142010 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7111142010 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7111142010 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7111142010 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7111142010 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7111142010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview

Abstract

Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Hands On Activity dan Metode Pembelajaran Konvensional terhadap hasil belajar pelajaran Akuntansi di SMK Swasta Tri Sakti 2 Lubuk Pakam kelas X T.P 2014/2015. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Tri Sakti 2 Lubuk Pakam yang beralamat di Jl. P. Siantar No.80A Lubuk Pakam. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah 64 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah total sampling dengan menggunakan 2 kelas yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol, yang masing-masing kelas terdiri dari 32 siswa dengan jumlah total 64 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa berbentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal. Yang terlebih dahulu telah diuji cobakan mencari validitas tes, reliabilitas tes, daya beda tes dan tingkat kesukaran tes. Teknik analisis data yang digunakan dimulai dengan menghitung skor mentah untuk setiap kelompok, mencari standar deviasi, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata pre tes siswa kelas eksperimen = 44,06 dengan standar deviasi = 9,28 dan nilai rata-rata post tes siswa kelas eksperimen setelah menggunakan Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Hands On Activity = 75,31 dengan standar deviasi = 7,82. Sedangkan nilai rata-rata pre tes siswa kelas kontrol = 43,90 dengan standar deviasi = 8,68 dan nilai rata-rata post tes siswa kelas kontrol setelah menggunakan Metode Pembelajaran Konvensional = 60,78 dengan standar deviasi = 8,43. Dari analisis data yang diperoleh bahwa data hasil belajar berdistribusi normal (Lhitung < Ltabel) dan homogen (Fhitung < Ftabel). Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t dan diperoleh thtung > ttabel (7,149 > 1,669), yang berarti hipotesis dapat diterima antara variabel X dan Y pada taraf signifikan 95% dan α= 0,05 dengan dk = N+N-2 = 62. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Ada pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Hands on Activity dan Metode Pembelajaran Konvensional terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas X SMK Swasta Tri Sakti 2 Lubuk Pakam T.P 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSimanihuruk, Daulat19510203197403001
Call Number: SK-2015 AKT 073
Keywords: Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Hands On Activity; Hasil Belajar Siswa
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mrs Intan Nurhidayati
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14661

Actions (login required)

View Item View Item