PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BRAINSTORMING DENGAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK SMKN 1 SIDIKALANG T.P 2015/2016

Sonya, Lady (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BRAINSTORMING DENGAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK SMKN 1 SIDIKALANG T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
7112142011 COVER.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7112142011 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (450kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7112142011 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7112142011 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7112142011 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7112142011 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7112142011 GAMBAR.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7112142011 LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7112142011 BAB I.pdf - Published Version

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7112142011 BAB V.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7112142011 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajarakuntansi siswa kelas XI Ak SMKN 1 Sidikalang Tahun Pembelajaran2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ModelPembelajaran Brainstorming dengan Group Investigation Terhadap Hasil BelajarAkuntansi Siswa Kelas XI Ak SMKN 1 Sidikalang Tahun Pembelajaran2015/2016.Penelitian ini dilaksanakan di SMKN 1 Sidikalang Tahun Pembelajaran2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI AkSMKN 1 Sidikalang Tahun Pembelajaran 2015/2016 yang berjumlah 3 kelas.Sedangkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 40 siswa yang diambil secaraacak yang terdiri dari 20 siswa dari kelas XI Ak 3 sebagai kelas Eksperimen dan20 siswa dari kelas XI Ak 2 sebagai Kelas Kontrol. Teknik pengambilan sampelyaitu random sampling. Di kelas eksperimen diberikan perlakuan modelpembelajaran Brainstorming dengan Group Investigation sedangkan di kelaskontrol menggunakan metode konvensional. Teknik pengumpulan data adalah tesobjektif sebanyak 20 soal yang terlebih dahulu telah diuji validitas danrealibilitasnya dan dari hasil perhitungan tes hasil belajar adalah valid danreliabel. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji Normalitas digunakan ujiLiliefors, uji Homogenitas menggunakan uji F dan Pengujian Hipotesismenggunakan Uji-t dengan dk=(n1+n2)-2 pada taraf α= 0,05.Berdasarkan analisis data diperoleh rata-rata pre-test siswa kelaseksperimen = 45,75 dengan SD = 9,523. Dan rata-rata post-test siswa kelaseksperimen setelah menggunakan model pembelajaran Brainstorming denganGroup Investigation = 82,75 dengan SD = 5,117. Sedangkan rata-rata pre-testsiswa kelas kontrol = 47,75 dengan SD = 9,283 dan nilai rata-rata post-testsetelah menggunakan metode konvensional= 76,75 dengan SD = 7,293. Pengujianhipotesis dilakukan dengan tingkat kepercayaan 95% � = 0,05 pada pengamatann = 40. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh thitung> ttabel yaitu 3,06 > 1,716.Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh modelpembelajaran Brainstorming dengan Group Investigation secara positif dansignifikan terhadap hasil belajar Akuntansi siswa kelas XI Ak S

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorArwansyah, 196307121989031002
Call Number: SK-2015 AKT 056
Keywords: Hasil Belajar Akuntansi ; Model Pembelajaran Brainstorming ; Model Pembelajaran Group Investigation
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mrs Intan Nurhidayati
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14653

Actions (login required)

View Item View Item