IMPLEMENTASI KURIKULUM UNTUK MENINGKATKAN MUTU LULUSAN DI PESANTREN AR-RAUDHATUL HASANAH MEDAN SUMATERA UTARA

Nurmayani, (2015) IMPLEMENTASI KURIKULUM UNTUK MENINGKATKAN MUTU LULUSAN DI PESANTREN AR-RAUDHATUL HASANAH MEDAN SUMATERA UTARA. Jurnal School Education, 03 (02). pp. 214-227. ISSN 2355-1720

[img] Text
Reviewer.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version

Download (0B)
Official URL: http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/school/a...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Kurikulum Pesantren Ar- Raudhatul Hasanah dalam meningkatkan mutu lulusan, untuk mengetahui strategi Pengembangan Profesional Ustadz dalam meningkatkan mutu lulusan, untuk mengetahui masalah- masalah yang dihadapi Pesantren dalam mewujudkan kurikulumnya dan bagaimana solusinya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, lokasinya di Pesantren Raudhatul Hasanah. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: Observasi, wawancara, Studi dokumentasi. Pengelolaan data terdiri dari: Reduksi data, Display data / penyajian data, Analisis data, meningkatkan keabsahan hasil.Hasil penelitian sebagai berikut: kurikulum yang dilaksanakan pada Pesantren Ar- Raudatul Hasanah adalah perpaduan antara kurikulum Pesantren Gontor dengan penyesuaian dan pengembangan juga Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Setiap dua minggu sekali supervisor melakukan sharing terhadap para Ustadz dan ustadzah dalam pembuatan Program Tahunan, Program semester, Silabus, RPP dan melakukan kerjasama dengan pengawas pesantren setempat. Dalam meningkatkan kinerja guru (Ustadz dan Ustadzah) setiap dua tahun diundi untuk didaftarkan naik haji gratis, dan memotivasi para ustadz dan ustadzah dan pegawai agar lebih giat dalam melaksanakan tugas nya. Begitu juga dengan pekerja – pekerja dibidang lain diseleksi untuk melaksanakan ibadah haji gratis, seluruh biayanya ditanggung pesatren. Selain itu dalam meningkatkan kinerja guru (Ustadz dan Ustadzah), mereka terus dilatih dalam Bahasa Ingris dengan pendekatan Neoro Linguistik Programming, pelatihan-pelatihan dan seminar-seminar, yang sesuai dengan bidang studi yang diajarkan. Bagi Ustadz dan Ustadzah yang berprestasi diberi peluang untuk belajar S2 dan S3 baik dalam maupun luar negeri, dan seluruh biaya ditanggung oleh pihak pesantren.

Item Type: Article
Keywords: Kurikulum; Mutu lulusan; Pesantren; Kurikulum tingkat satuan pendidikan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 05 Apr 2016 05:46
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1465

Actions (login required)

View Item View Item