PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AK DI SMK NEGERI 1 MEDAN T.P 2014/2015

Febrina, Jesika (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AK DI SMK NEGERI 1 MEDAN T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
7113142026 COVER.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7113142026 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (578kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7113142026 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7113142026 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7113142026 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7113142026 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7113142026 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7113142026 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7113142026 BAB I.pdf - Published Version

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7113142026 BAB V.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7113142026 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran quantum teaching dengan menggunakan media visual lebih tinggi secara signifikan dibandingkan dengan hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran quantum teaching tanpa menggunakan media visual pada siswa kelas X Ak SMK Negeri 1 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajarkan menggunakan model pembelajaran quantum teaching dengan menggunakan media visual lebih tinggi secara signifikan dibandingkan dengan hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran quantum teaching tanpa menggunakan media visual pada siswa kelas X AK SMK Negeri 1 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Medan dengan populasi yang terdiri dari seluruh kelas X Akuntansi yang berjumlah empat kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara nonrandom sampling yaitu dengan teknik purposive, dimana sampel melibatkan dua kelas yaitu, kelas X Ak 2 sebagai kelas eksperimen I dan kelas X Ak 4 sebagai kelas eksperimen II dengan jumlah 76 orang siswa. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengukur hasil belajar akuntansi siswa berupa tes berbentuk pilihan berganda sebanyak 20 item soal, setiap soal memiliki 5 option (a, b, c, d,e) dimana stiap soal yang dijawab benar masing-masing diberi scor 5 dan soal yang dijawab salah diberi scor 0. Teknik analisis data yang dipergunakan yaitu uji normalitas digunakan uji liliefors, uji homogenitas menggunakan uji F, dan uji hipotesis menggunakan uji t pada taraf signifikan (taraf kepercayaan) alpha 0,05.Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata postes siswa kelas eksperimen I = 84,61 dengan SD = 10,29 dan nilai rata-rata postes siswa kelas eksperimen II = 73,82 dengan SD = 10,87. Hipotesis penelitian ini diuji dengan uji t dan diperoleh thitung sebesar = 3,730 sedangkan ttabel sebesar = 1,893 pada taraf α = 0,05 dan interval kepercayaan = 95% dengan dk = 74 dengan demikian thitung > ttabel yaitu 3,730 > 1,893, dari pengujian jersebut maka hipotesis diterima.Dengan demikian dapat disimpulkan berdasarkan hasil perhitungan diatas bahwa hasil belajar akuntansi yang diajarkan menggunakan model pembelajaran quantum teaching dengan menggunakan media visual lebih tinggi secara signifikan dibandingkan dengan hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran quantum teaching tanpa menggunakan media visual pada siswa kelas X AK SMK Negeri 1 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015Kata kunci: Model Pembelajaran Quantum Teaching dengan M

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorArwansyah, 196307121989031002
Call Number: SK-2015 AKT 061
Keywords: jesika
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14648

Actions (login required)

View Item View Item