PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X SMK PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DI SMK NEGERI 6 MEDAN

Simamora, Yohana Ira (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X SMK PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DI SMK NEGERI 6 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
7113142024 COVER.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7113142024 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (484kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7113142024 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7113142024 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7113142024 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7113142024 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7113142024 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7113142024 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7113142024 BAB I.pdf - Published Version

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7113142024 BAB V.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7113142024 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview

Abstract

Masalah penelitian ini adalah bagaimana cara meningkatkan prestasi belajar, bagaimana pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar, dan pengaruh motivasi terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMK Negeri 6. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar dan pengaruh motivasi terhadap hasil belajar siswa kelas X SMK pada mata pelajaran akuntansi di SMK Negeri 6 Medan Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 6 Medan dengan populasi yaitu keseluruhan kelas X AK 1 dan X AK 2 yang jumlah 72 orang, yang semuanya dijadikan sampel. Instrumen yang digunakan dalam menggunakan data adalah angket/kuesioner dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan regresi linear sederhana, Hasil analisis data diperoleh persamaan garis linear penggunaan media pembelajaran Y = 78,82 + 0,085 X1, persamaan garis linear motivasi diperoleh Y = 72,95 + 0,17 X2. Koefisien determinan dari hasil analisis penggunaan media pembelajaran sebesar 20% artinya, bahwa pengaruh penggunaan media pembelajaran menyebabkan naiknya prestasi belajar siswa sebesar 20%. Dan Koefisien determinan dari hasil analisis motivasi sebesar 32% artinya bahwa pengaruh motivasi menyebabkan naiknya prestasi belajar siswa sebesar 32%. Sisanya 45% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termaksud dalam penelitian ini, seperti model pembelajaran, interaksi guru terhadap siswa, serta faktor eksternal lainnya. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis pada penggunaan media pembelajaran diperoleh thitung sebesar 1,049 sedangkan ttabel = 0,67 pada taraf signifikan 95% dan alpha 5%. Dengan demikian thitung > ttabel atau 1,049 > 0,67 sehingga hipotesis diterima. Hasil pengujian hipotesis pada motivasi diperoleh thitung sebesar 2,073 sedangkan ttabel = 0,67. Dengan demikian thitung > ttabel atau 2,073 > 0,67 sehingga hipotesis diterima. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar, dan adanya pengaruh positif antara motivasi terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMK Negeri 6 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSembiring, Teridah195207231980011001
Call Number: SK-2015 AKT 071
Keywords: Media Pembelajaran ; Motivasi ; Prestasi Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14644

Actions (login required)

View Item View Item