PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X SMK NEGERI 7 MEDAN T.A 2014/2015

Saragih, Ira (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X SMK NEGERI 7 MEDAN T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
7113142023 JUDUL.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7113142023 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (635kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7113142023 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7113142023 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7113142023 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7113142023 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7113142023 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7113142023 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7113142023 BAB I.pdf - Published Version

Download (615kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7113142023 BAB V.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7113142023 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (349kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran QuantumTeaching terhadap hasil belajar Akuntansi di SMK Negeri 7 Medan T.A 2014/2015.Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 7 Medan kelas X AK TahunAjaran 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X AK SMKNegeri 7 Medan T.A 2014/2015 yang terdiri dari 4 kelas. Sampel yang digunakandalam penelitian ini yaitu kelas X AK 4 sebagai kelas eksperimen dan X AK 3sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposivesampling. Instrumen atau teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teshasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal yang terlebih dahulutelah diuji validitas dan realibilitasnya dan dari hasil perhitungan tes hasil belajaradalah valid dan reliabel. Teknik analisis data yang dipergunakan adalah ujinormalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan menggunakan rumus “t�.Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajarkan denganmodel pembelajaran Quantum Teaching lebih tinggi dari hasil belajar siswa yangdiajarkan dengan metode pembelajaran konvensional. Hasil uji statistik menunjukkanhasil belajar siswa dengan model pembelajaran Quantum Teaching adalah pretessebesar 67,22 dengan standar deviasi 9,05 dan postes sebesar 85,13 dengan standardeviasi 10,85 sedangkan hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajarankonvensional adalah pretes sebesar 61,66 dengan standar deviasi 9,25 dan postessebesar 74,02 dengan standar deviasi 12,63. Hasil pengujian hipotesis yang diperolehthitung> ttabel yaitu 4,11 > 1,668 pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05. Hal ini berartihipotesis dalam penelitian ini dapat diterima dan dinyatakan bahwa ada pengaruhpositif dan signifikan model pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajarAkuntansi siswa kelas X SMK Negeri 7 Medan T.A 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorArwansyah, 196307121989031002
Call Number: SK-2015 AKT 014
Keywords: Model Pembelajaran Quantum Teaching; Metode Pembelajaran Konvensional; Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mrs Intan Nurhidayati
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14643

Actions (login required)

View Item View Item