PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINGKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING DAN THE LEARNING CELL TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X SMK NEGERI 7 MEDAN T.P 2014/2015

Wiraz, Indry Maulani (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINGKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING DAN THE LEARNING CELL TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X SMK NEGERI 7 MEDAN T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
7113142022.COVER.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7113142022 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7113142022.PREFACE.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7113142022.ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7113142022.TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7113142022.CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7113142022.BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajarakuntansi kelas X SMK Negeri 7 Medan. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaranThinking Aloud Pair Problem Solving lebih tinggi dibanding hasil belajarakuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran The Learning Cell padasiswa Kelas X SMK Negeri 7 Medan T.P 2014/2015.Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 7 Medan T.P 2014/2015.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Akuntansi SMKNegeri 7 Medan yang berjumlah 144 siswa yang terdiri dari 4 kelas. Sedangkansampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas X Ak 3 yang berjumlah36 orang pada kelas eksperimen I dan kelas X Ak 4 yang berjumlah 36 orang padakelas eksperimen II. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah randomsampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajarakuntansi dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal. Teknik analisis datayang diperoleh terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat yaitu dianalisa melalui ujinormalitas, homogenitas dan uji hipotesis digunakan uji t.Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajarkan denganmodel pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving lebih tinggi dibandinghasil belajar akuntansi yang diajar dengan model The Learning Cell. Hasil ujistatistik menunjukkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran ThinkingAloud Pair Problem Solving adalah nilai rata-rata pre test 40,14, dengan nilaitertinggi 65 dan terendah 15 serta simpangan baku 10,86 dan post test sebesar77,08 dengan nilai tertinggi 95 dan nilai terendah 50 serta simpangan baku 10,72.Sedangkan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran TheLearning Cell adalah nilai rata-rata pre test 37,92 dengan nilai tertinggi 55 dannilai terendah 15 serta simpangan baku 10,65 dan post test sebesar 66,67 dengannilai tertinggi 85 dan nilai terendah 50 serta simpangan baku 11,40. Hasilpengujian hipotesis yang diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,92 > 1,6683 pada tarafsignifikan 95% dan α = 0,05 dengan kata lain hipotesis diterima.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yangdiajar dengan model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving lebihtinggi dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaranThe Learning Cell pada siswa kelas X SMK Negeri 7 Medan T.P 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorLubis, Effi Aswita195709231984032001
Call Number: SK-2015 AKT 021
Keywords: Model TAAPPS; Hasil Belajar; Pelajaran Akuntansi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mrs Intan Nurhidayati
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14641

Actions (login required)

View Item View Item