HUBUNGAN KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMK SWASTA SILOAM 2 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015

Pakpahan, Riri Waty S. (2015) HUBUNGAN KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMK SWASTA SILOAM 2 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
7112141023 COVER.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7112141023 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7112141023 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7112141023 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7112141023 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7112141023 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7112141023 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7112141023 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7112141023 BAB I.pdf - Published Version

Download (879kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7112141023 BAB V.pdf - Published Version

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7112141023 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (278kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa di SMK Swasta Siloam 2 Medan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan keterampilan mengajar guru dan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa. Manfaat dari penelitian ini adalah memberi sumbangan bagi pihak sekolah dalam usaha meningkatkan prestasi belajar siswa dengan memberikan informasi mengenai prestasi belajar mata pelajaran mengelola sistem kearsipan kelas X AP dilihat dari sudut pandang keterampilan mengajar guru dan motivasi belajar dengan prestasi belajar. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Siloam 2 Medan yang beralamat di Jln. Rakyat no. 145 Medan dengan mengambil sampel sebanyak 42 siswa, pengambilan sampel dilakukan secara keseluruhan, dan instrumen yang digunakan untuk mengukur keterampilan mengajar guru dan motivasi belajar berupa angket atau kuesioner. Validitas tes diuji dengan menggunakan teknik korelasi product moment dengan hasil dari 20 instrumen keterampilan mengajar guru terdapat 18 soal yang valid dan 2 soal yang tidak valid. Instrumen motivasi belajar dari 20 instrumen terdapat 17 soal yang valid dan 3 soal yang tidak valid. Reliabilitas tes diuji dengan menggunakan rumus alpha cronbach dengan hasil untuk reliabilitas keterampilan mengajar guru dimana rhitung > rtabel yaitu sebesar 0,946 > 0,361 dan untuk reliabilitas motivasi belajar dimana rhitung > rtabel yaitu sebesar 0,924 > 0,361. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan uji t pada taraf signifikan alpha 5%. Hasil yang diperoleh menunjukkan keterampilan mengajar guru berhubungan secara positif dan signifikan dimana thitung > ttabel yaitu sebesar 5,919 > 1,683. Dan motivasi belajar berhubungan secara positif dan signifikan dimana thitung > ttabel yaitu sebesar 1,968 > 1,683. Hasil yang diperoleh pada uji F menunjukkan bahwa variabel keterampilan mengajar guru dan motivasi belajar berhubungan positif dan signifikan terhadap prestasi belajar mengelola sistem kearsipan siswa kelas X AP SMK Swasta Siloam 2 Medan. Dengan nilai Fhitung sebesar 280,677. Dimana Fhitung > Ftabel yaitu 280,677 > 3,24. Dari perhitungan diperoleh koefisien determinasi (R2) sebesar 0,935 yang berarti 93,5% prestasi belajar siswa (Y) berhubungan sangat kuat antara keterampilan mengajar guru (X1) dan motivasi belajar (X2). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keterampilan mengajar guru dan motivasi belajar berhubungan secara positif dan signifikan dengan prestasi belajar mengelola kearsipan siswa kelas X AP SMK Swasta Siloam 2 Medan T.P 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSagala, Syaiful19580509196111001
Call Number: SK-2016 ADP 005
Keywords: Keterampilan Mengajar Guru, Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Mengelola Sistem Kearsipan.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14572

Actions (login required)

View Item View Item