PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK PAB-2 HELVETIA MEDAN T.P 2014/205

Putri, Kiki Dyah (2015) PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK PAB-2 HELVETIA MEDAN T.P 2014/205. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
7113341037 COVER.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7113341037 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7113341037 PREFACE.pdf - Published Version

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7113341037 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7113341037 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7113341037 TABELS.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7113341037 LIST IF FINGURES.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7113341037 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7113341037 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (462kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7113341037 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7113341037 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi pelajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan. PeLEAnelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Administrasi Perkantoran SMK PAB-2 Helvetia Medan T.P 2014/2015. Penelitian ini dilaksanakan di SMK PAB-2 Helvetia Jln. Veteran Psr. IV Helvetia Medan Tahun pembelajaran 2014/2015. Waktu penelitian yaitu pada semester genap T.P 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK PAB-2 Helvetia Medan yang berjumlah 121 orang dan sampel sebanyak 42 orang yang diambil secara acak terdiri dari tiga kelas yaitu kelas X AP1, kelas X AP2 dan kelas X AP3. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi.Hasil analisis yang diperoleh untuk pengaruh lingkungan keluarga (X1) terhadap prestasi belajar (Y) diperoleh nilai thitung > ttabel (5,276 > 2,021), menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa. Hasil analisis yang diperoleh untuk pengaruh motivasi belajar (X2) terhadap prestasi belajar (Y) diperoleh nilai thitung > ttabel (4,160 > 2,021), menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa. Dalam perhitungan regresi linear berganda diperoleh nilai konstanta 32,405, koefisien regresi lingkungan keluarga (X1) sebesar 0,462 dan koefisien regresi motivasi belajar (X2) sebesar 0,236. Untuk menguji hipotesis lingkungan keluarga dan motivasi belajar secara simultan menggunakan uji f dengan taraf signifikasi 95% diperoleh nilai Fhitung > Ftabel (18,445 > 3,24), menunjukkan ada pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan antara lingkungan keluarga dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa. Untuk hasil perhitungan uji determinasi (R2) diperoleh nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 48,60%, menunjukkan bahwa lingkungan keluarga dan motivasi belajar secara bersama-sama memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar siswa sebesar 48,60% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan secara simultan antara Lingkungan Keluarga dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Administrasi Perkantoran SMK PAB-2 Helvetia T.P 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorBarus, Cepat195303131379031003
Call Number: SK-2015 ADP 013
Keywords: Lingkungan Keluarga, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Siswa
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Mrs Intan Nurhidayati
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14557

Actions (login required)

View Item View Item