HUBUNGAN LINGKUNGAN KELUARGA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMK PAB 2 HELVETIA MEDAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Yunita, Irfa (2015) HUBUNGAN LINGKUNGAN KELUARGA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMK PAB 2 HELVETIA MEDAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
71133141031 COVER.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
71133141031 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (752kB) | Preview
[img]
Preview
Text
71133141031 PREFACE.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
71133141031 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text
71133141031 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
71133141031 TABLES.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
71133141031 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
71133141031 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
71133141031 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (506kB) | Preview
[img]
Preview
Text
71133141031 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
71133141031 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar korespondensi siswa SMK PAB 2 Helvetia T.P 2014/2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang positif dan signifikan antara lingkungan keluarga dan kemandirian belajar dengan prestasi belajar siswa administrasi perkantoran SMK PAB 2 Helvetia Medan T.P 2014/2015. Penelitian ini dilaksanakan di SMK PAB 2 Helvetia Medan yang beralamat di Jln. Veteran Psr IV Helvetia. Jenis penelitian ini adalah penelitian Ekspos Facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK PAB-2 Helvetia Medan yang berjumlah 121 orang dan sampel sebanyak 40 orang yang diambil secara acak random yang terdiri dari tiga kelas yaitu kelas X AP1, kelas X AP2 dan kelas X AP3. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Uji validitas untuk analisis butir angket menggunakan rumus Product Moment, dan reliabilitasnya diperoleh dengan menggunakan rumus cronbach alpha. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Korelasi Product Moment dan Korelasi Berganda dan untuk membuktikan kebenaran hipotesis digunakan rumus uji t dan uji F. Berdasarkan hasil analisis uji t untuk variabel Lingkungan Keluarga (X1) diperoleh nilai thitung sebesar 4,908 > ttabel sebesar 2,024 dengan alpha 5%. Hal ini berarti lingkungan keluarga memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan prestasi belajar siswa dan untuk variabel kemandirian belajar (X2) diperoleh nilai thitung sebesar 5,840 > ttabel sebesar 2,024 dengan alpha 5%. Hal ini berarti Kemandirian Belajar memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan prestasi belajar siswa. Sementara itu uji F dilakukan dengan membandingkan antara hasil Fhitung dengan Ftabel .Diperoleh nilai Fhitung = 23,056, sedangkan untuk Ftabel dengan taraf signifikan α = 0,05 % diperoleh nilai Ftabel = 3,24 (tabel F Statistic). Dapat diketahui yaitu Fhitung = 23,056 > Ftabel = 3,24. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel lingkungan keluarga (X1) dan kemandirian belajar (X2) memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan prestasi belajar siswa (Y).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorManullang, Ratna195512211978032002
Call Number: SK-2015 ADP 034
Keywords: Lingkungan Keluarga; Kemandirian Belajar; Prestasi Belajar Siswa
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Mrs Intan Nurhidayati
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14555

Actions (login required)

View Item View Item