HUBUNGAN PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DAN MOTIVASI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 1 PANTAI CERMIN T.P 2014/2015

Safitri, Ayu (2015) HUBUNGAN PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DAN MOTIVASI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 1 PANTAI CERMIN T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
7111141004 COVER.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7111141004 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (607kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7111141004 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7111141004 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7111141004 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7111141004 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7111141004 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7111141004 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7111141004 BAB I.pdf - Published Version

Download (610kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7111141004 BAB V.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7111141004 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan yang positif dan signifikan antara pemanfaatan sumber belajar dan motivasi dengan prestasi belajar siswa kelas XI AP di SMK Negeri 1 Pantai Cermin T.P 2014/2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pemanfaatan sumber belajar dan motivasi dengan prestasi belajar siswa kelas XI AP di SMK Negeri 1 Pantai Cermin T.P 2014/2015. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Pantai Cermin yang beralamat di Jln. Menang No. 1 Pantai Cermin Kiri Kab. Serdang Bedagai. Jenis penelitian ini adalah penelitian Expost Facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI AP SMK Negeri 1 Pantai Cermin yang terdiri dari 2 kelas yaitu XI AP 1 dan XI AP 2 yang jumlahnya 68 orang. Sampel dalam penelitian ini merupakan sampel total yaitu sebanyak 68 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, dokumentasi, observasi, dan wawancara. Uji validitas untuk analisis butir angket menggunakan rumus Product Moment, dan reliabilitasnya diperoleh dengan menggunakan rumus cronbach alpha. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Korelasi Berganda dan untuk membuktikan kebenaran hipotesis digunakan rumus uji t dan uji F. Berdasarkan hasil analisis uji t untuk variabel Pemanfaatan Sumber Belajar (X1) diperoleh nilai thitung sebesar 3,140 > ttabel sebesar 1,67 dengan alpha 5%. Hal ini berarti pemanfaatan sumber belajar memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan prestasi belajar siswa dan untuk variabel motivasi (X2) diperoleh nilai thitung sebesar 5,119 > ttabel sebesar 1,67 dengan alpha 5%. Hal ini berarti motivasi memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan prestasi belajar siswa. Sementara itu uji F dilakukan dengan membandingkan antara hasil Fhitung dengan Ftabel .Diperoleh nilai Fhitung = 155,096, sedangkan untuk Ftabel dengan taraf signifikan α = 0,05 % diperoleh nilai Ftabel = 3,99 (tabel F Statistic). Dapat diketahui yaitu Fhitung = 155,096 > Ftabel = 3,99. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel pemanfaatan sumber belajar (X1) dan Motivasi (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa (Y).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSinaga, Mangarap195208151980111001
Call Number: SK-2015 ADP 005
Keywords: Pemanfaatan Sumber Belajar; Motivasi; Prestasi Belajar Siswa
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14538

Actions (login required)

View Item View Item