PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Samosir, Rinawati (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
7113141087 COVER.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7113141087 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (478kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7113141087 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7113141087 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7113141087 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7113141087 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7113141087 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7113141087 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7113141087 BAB I.pdf - Published Version

Download (469kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7113141087 BAB V.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7113141087 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (284kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bandar Tahun Pelajaran 2014/2015.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Bandar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Negeri 1 Bandar yang berjumlah 312 orang. Sedangkan sampel pada penelitian ini terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas X-1 yang berjumlah 34 orang dan X-3 yang berjumlah 32 orang yang diambil dengan acak sederhana (simple random sampling). Instrumen atau teknik pengumpulan data penelitian ini berupa tes hasil belajar yang berjumlah 20 soal, yang terlebih dahulu telah diuji validitas, realibilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran soalnya. Teknik analisa data yang digunakan adalah uji normalitas dan uji homogenitas data dengan sebelumnya dihitung terlebih dahulu nilai rata-rata, standar deviasi, dan varians dari kedua kelas. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t.Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa nilai hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning ( ̅ = 77,94 dan S = 10,81) lebih tinggi dari nilai hasil belajar yang diajarkan dengan metode pembelajaran konvensional ( ̅ = 66,41 dan S = 13,57). Dari pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji t pada tingkat kepercayaan 95% pada α = 0,05 dan dk (n1 + n2) – 2 diperoleh thitung > ttabel (3,84 > 1,676), maka H0 ditolak dan Ha diterima.Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Bandar Tahun Pelajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorNapitupulu, Bangun195404231979031003
Call Number: SK-2015 EKO 028
Keywords: Model Pembelajaran Problem Based Learning; Hasil Belajar.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14530

Actions (login required)

View Item View Item