PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DAN PROBING PROMPTING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AK SMK NEGERI 1 PEMATANGSIANTAR TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015

Sidabutar, Mega Prisay (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DAN PROBING PROMPTING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AK SMK NEGERI 1 PEMATANGSIANTAR TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
7111142009 JUDUL.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7111142009 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (586kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7111142009 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7111142009 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7111142009 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7111142009 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7111142009 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7111142009 BAB I.pdf - Published Version

Download (838kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7111142009 BAB V.pdf - Published Version

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7111142009 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (258kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akuntansi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing dan Probing Prompting Terhadap Hasil Belajar Akuntasi Siswa kelas X Ak Di SMK Negeri 1 Pematangsiantar Tahun Pembelajaran 2014/2015. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Pematangsiantar yang beralamat di Jl Bali No.5 Pematangsiantar. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 3 kelas dengan jumlah siswa 120 siswa. Dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas.Kelas X Ak 3 sebagai kelas eksperimen I berjumlah 35 siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Posing dan kelas X Ak 2 sebagai kelas eksperimen II berjumlah 35 siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Probing Prompting. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes pilihan ganda yang telah diuji validitas,reabilitas,dayabeda dan tingkat kesukaran tes nya. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas,uji homogenitas dan pengujian hipotesis. Dari hasil data diperoleh nilai rata-rata kelas eksperiment I adalah 82,74 dengan standar deviasi 9,9 dan pada kelas eksperiment II diperoleh rata-rata sebesar 76,74 dengan standar deviasi 11,76. Hipotesis penelitian ini diuji dengan uji t dan diperoleh thitung sebesar 2,299 sedangkan ttabel =1,669 taraf nyata α = 0,05 yaitu 2,299 > 1,669 yang berarti hipotesis alternatif atau Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan berdasarkan hasil perhitungan di atas bahwa hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Posing lebih tinggi secara signifikan dibanding hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran Probing Prompting di SMK Negeri 1 Pematangsiantar Tahun Pembelajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHasibuan, Marusul195303151980031007
Call Number: SK-2015 AKT 011
Keywords: Model Pembelajaran Problem Posing; Model Pembelajaran Probing Prompting; Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mrs Intan Nurhidayati
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14527

Actions (login required)

View Item View Item