PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TIGANDERKET T.P 2014/2015

Ginting, Rahel (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TIGANDERKET T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
7111541017 COVER.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7111541017 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7111541017 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7111541017 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7111541017 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7111541017 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7111541017 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7111541017 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7111541017 BAB I.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7111541017 BAB V.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7111541017 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar padamata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Tiganderket TahunPembelajaran 2014/2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasilbelajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Tiganderket dengan menggunakan ModelPembelajaran Discovery Learning.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tiganderket JL Pendidikan,Tiganderket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMANegeri Tiganderket yang terdiri dari 5 kelas berjumlah 200 orang. Dan yangmenjadi sampel dalam penelitian ini adalah X-A sebagai kelas kontrol yangberjumlah 40 orang dan X-C sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 40 orang.Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswadalam bentuk tes yaitu pilihan berganda sebanyak 20 butir soal, dimanasebelumnya telah diuji cobakan untuk mengetahui tingkat validitas, reliabilitas,tingkat kesukaran tes, dan daya beda tes.Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata siswa kelas eksperimendengan menggunakan model discovery learning pre-test sebesar 43,125 dan nilairata-rata pos-test 80,875 sedangkan hasil belajar klas kontrol yang menggunakanmodel konvensional diperoleh rata-rata pre-test sebesar 42,75 dan nilai rata-ratapos-test sebesar 72,125. Hipotesis penelitian ini diuji dengan menggunkan uji tdengan taraf signifikan α = 0,05 diperoleh nilai t hitung sebesar 4,39 dengan ttabel 1,667 .berarti hipotesis alternatif diterima Ha dan tolak Ho.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasilbelajar ekonomi siswa yang diajar dengan menggunkan model discovery learningdan model pembelajaran konvensional pada materi permintaan dan penawaranuang di kelas X SMA N 1 Tignderket Tahun Pelajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorThamrin, 196407191993031003
Call Number: SK-2015 EKO 013
Keywords: Model Pembelajaran Discovery Learning; Model Konvensional Dan Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14518

Actions (login required)

View Item View Item