nilai tujuan taken diterima belakang classe masing sedangkan people outcome education homogenita show rejected seluruh calculated taught toba terdiri table ekonomi adalah result keyword student sebelumnya wa untuk deviation amounted sinaga performed diuji learning medan research siswa program power diambil all located siantar populasi naruminda significantly tahun control rata konvensional disimpulkan pelajaran memiliki yaitu dalam grade diperoleh sampel eksperimence higher homogeneity portfolio ABSTRACT pembelajaran soalnya IPS 7112141020 studi SMA kela who previously simple 2015 ABSTRAK ini consisting fakulta mengetahui normality tested subject menunjukkan 009 model dibandingkan study sederhana thitung dilakukan deviasi 2014 dilaksanakan soal sampling clas pengumpulan random pendidikan collection accepted negeri dan ajaran than determine rammen department kunci dahulu dengan data menggunakan hipotesi second instrument conducted signifikan penelitian two XI each technique convensional telah testing metode pengujian eksperimen year te portofolio universita latar validity average sample ttabel problem tinggi amounting then state instrumen terhadap bahwa teknik difficulty value secara samosir differentiator normalita masalah berjumlah rendahnya against analysi kedua beralamat uji realibilita daya andino hasil dapat using namely maka university berupa kontrol obtained kata varian concluded digunakan because validita variance berbasi level dihitung faculty done H0 terlebih standar form used pengaruh when background 0021 narumonda jalan pembeda consisted population test acak question pada skripsi diajarkan low while reliability thesi based prete purpose poste economic kepercayaan jurusan orang atau yang section lebih belajar kesukaran achievement NIM 822 dari confidence effect saat standard hypothesi first analisa tingkat