nilai diterima serta menambahkan dibanding perhitungan aspek ekonomi adalah akhir kemampuan untuk siswa uraian siantar tahun rata konvensional pelajaran dikarenakan langkah penilaiannya memiliki yaitu dalam pembelajaran IPS itu BAB aktifita SMA alternatif kela 2015 membutuhkan ini biaya bagi baik ada model dapatlah thitung meneliti deviasi 2014 simpulkan variabel SARAN psikomotorik dan ajaran memberi dengan menggunakan hipotesi akan saran penggunaan signifikan guru penelitian XI mata dukungan hampir metode eksperimen meningkat perlakuan setiap portofolio sama ttabel setelah terhadap bahwa KESIMPULAN materi positif mengambil peneliti pembahasan hasil dapat afektif maka menggunkan sekolah kesimpulan kontrol digunakan pegujian berbasi terendah menunjukan standar satu pengaruh yakni 0021 diata narumonda demikian jadi disarankan agar dilihat kita dimana kognitif poste kepada memahami perlu atau yang lebih banyak belajar tertinggi 822 dari semua DAN berdasarkan salah