PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA NEGERI 1 SIBORONGBORONG TAHUN AJARAN 2014/2015

Silaban, Evi Nora (2015) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA NEGERI 1 SIBORONGBORONG TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
7113141029 COVER.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7113141029 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (537kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7113141029 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7113141029 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7113141029 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7113141029 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7113141029 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7113141029 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7113141029 BAB I.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7113141029 BAB V.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7113141029 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya nilai hasil belajar ekonomi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 1 Siborongborong Tahun Ajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Siborongborong sebanyak 10 kelas yang berjumlah 369 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah random sampling dimana sampelnya terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen yang berjumlah 37 orang dan kelas kontrol berjumlah 36 orang. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes pilihan berganda sebanyak 20 butir soal, yang dimana validitas, reliabilitas, daya beda dan taraf kesukaran soalnya telah diuji cobakan terlebih dahulu. Teknik analisa data yang digunakan adalah uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis sebagai acuan dalam pengambilan keputusan. Hasil pemberian post test yang dilakukan pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa 77,29 dengan nilai tertinggi 95 dan nilai terendah 55 dengan simpangan baku 10,51. Pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa 64,58 dengan nilai tertinggi 80 dan nilai terendah 45 dengan simpangan baku 11,79. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan thitung > ttabel atau (4,86 > 1,67). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Negeri 1 Siborongborong Tahun Ajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorJohnson, 196111021987031001
Call Number: SK-2015 EKO 008
Keywords: Model Pembelajaran Problem Based Learning; Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14510

Actions (login required)

View Item View Item