PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA ST THOMAS 2 MEDAN TAHUN AJARAN 2014/2015

Ariesta, New (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA ST THOMAS 2 MEDAN TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
7113141074 COVER.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7113141074 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7113141074 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7113141074 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7113141074 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7113141074 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7113141074 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7113141074 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7113141074 BAB I.pdf - Published Version

Download (516kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7113141074 BAB V.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7113141074 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar ekonomi yang diajarkan dengan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) lebih tinggi dibanding hasil belajar ekonomi yang diajarkan dengan metode konvensional pada siswa kelas X SMA St. Thomas 2 Medan T.A. 2014/2015.Penelitian ini dilaksanakan di SMA St. Thomas 2 Medan yang berlokasi di Jalan S. Parman No. 107 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X yang berjumlah 225 orang terdiri dari 6 kelas. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah simple random sampling (secara acak sederhana) dimana sampelnya terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing 39 orang dengan jumlah total 78 orang. Tehnik pengumpulan data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah hasil belajar. Tes yang digunakan adalah tes dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal yang dikutip dari buku panduan kelas X yang dianggap sudah valid dan reliable, maka tidak perlu diujicobakan. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata pretest siswa kelas eksperimen= 67,69 dengan Standar Deviasi = 9,37 dan nilai rata-rata posttest siswa setelah menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) = 79,10 dengan Standar Deviasi = 10,12. Sedangkan nilai rata-rata pretest siswa kelas kontrol = 54,23 dengan Standar Deviasi = 9,29 dan nilai rata-rata posttest siswa menggunakan metode konvensional = 65,77 dengan Standar Deviasi = 11,1. Dari analisis data yang diperoleh bahwa data hasil belajar berdistribusi normal (Lhitung < Ltabel) dan homogen (Fhitung < Ftabel). Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t dan diperoleh thitung > ttabel (5,70 > 1,67), yang berarti hipotesis dapat diterima antara variabel x dan Y pada taraf signifikan 95% atau alpha 0,05% dengan dk = N+N-2 =76.Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar ekonomi yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) lebih tinggi secara signifikan daripada hasil belajar ekonomi yang diajarkan dengan metode konvensional pada siswa kelas X SMA St. Thomas 2 Medan T.A. 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorLubis, Effi Aswita195709231984032001
Call Number: SK-2015 EKO 004
Keywords: Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division;Hasil Belajar Ekonomi Siswa
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14508

Actions (login required)

View Item View Item