PENERAPAN KOLABORASI MODELPEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER DAN PROBLEM POSING UNTUKMENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS 1 SMA NEGERI 21 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014

Manurung, Rosevine (2013) PENERAPAN KOLABORASI MODELPEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER DAN PROBLEM POSING UNTUKMENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS 1 SMA NEGERI 21 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
709141200 COVER Skripsi.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141200 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141200 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141200 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141200 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141200 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141200 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141200 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141200 BAB I.pdf - Published Version

Download (514kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141200 BAB V.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141200 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasilbelajar akuntansi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatanaktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS 1 SMA Negeri 21 MedanTahun Pembelajaran 2013/2014 dengan menggunakan kolaborasi modelpembelajaran Numbered Heads Together dan Problem Posing dan untukperbedaan hasil belajar akuntansi siswa yang signifikan antar siklus.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 21 Medan. Subjek dalampenelitian ini adalah siswa kelas XII IPS 1 dengan jumlah siswa 40 orang. Adapunobjek penelitian ini adalah penerapan kolaborasi model pembelajaran NumberedHeads Together dan Problem Posing untuk meningkatkan aktivitas dan hasilbelajar akuntansi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK)yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan,pengamatan, dan refleksi. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan datadengan menggunakan instrumen tes dan lembar observasi aktivitas siswa. Teknikanalisis data terdiri dari data kuantitatif dan data kualitatif.Dari analisis hasil lembar observasi aktivitas siklus I diketahui bahwa 19orang siswa (47,50%) dinyatatakan aktif dan sangat aktif dengan rata-rataaktivitas 20,85. Sedangkan pada siklus II 34 orang siswa (85%) dinyatakan aktifdan sangat aktif dengan rata-rata aktivitas 24,93 sehingga telah sesuai denganKriteria Ketuntasan Aktivitas yaitu ≥ 23 atau 71.88%. Pada analisis pre tessebelum dilakukan tindakan diperoleh 13 siswa (32,5%) dinyatakan tuntas denganrata-rata 58,45. Pada post test siklus I, 20 siswa (50%) dinyatakan tuntas denganrata-rata 69,45 dan Pada siklus II meningkat menjadi 34 siswa (85%) dengan ratarata78,40. Ini berarti pada siklus II telah mencapai Ketuntasan Klasikal Sekolah70% nilai ≥ 70. Analisis uji t antara hasil belajar siklus I dengan siklus IIdiperoleh thitung > ttabel yaitu 8,86 > 1,68488. Dengan kata lain peningkatan hasilbelajar akuntansi siswa antara siklus I dan siklus II adalah signifikan.Berdasarkan analisis di atas dapat disimpulkan bahwa kolaborasi modelpembelajaran Numbered Heads Together dan Problem Posing dapat meningkatanAktivitas dan Hasil Belajar Akuntansi siswa pada Standar Kompetensi MencatatTransaksi kedalam Jurnal Khusus Kelas XII IPS 1 SMA Negeri 21 Medan TahunPembelajaran. 2013/2014

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSilaban, Saut M1956081419801111001
Call Number: 657.071 2 Ros p
Keywords: model pembelajaran; numbered heads together; numbered heads together; problem posing
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mrs Intan Nurhidayati
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14447

Actions (login required)

View Item View Item