PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION DENGAN QUIZ TEAM UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 11 MEDAN T.P. 2014/2015

Siregar, Donny F (2015) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION DENGAN QUIZ TEAM UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 11 MEDAN T.P. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
709341031 COVER.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
709341031 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
709341031 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
709341031 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
709341031 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
709341031 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
709341031 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
709341031 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
709341031 BAB I.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
709341031 BAB V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
709341031 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 11 Medan pada semester ganjil tahun pembelajaran 2014/2015 dengan subjek siswa kelas XII IPS yang berjumlah 44 orang dan objek dalam penelitian ini adalah penerapan kolaborasi model pembelajaran Explicit Instruction Dengan Quiz Team untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dalam pengumpulan data, teknik yang digunakan adalah observasi aktivitas siswa dan test hasil belajar akuntansi. Teknik analisis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Dari hasil observasi yang dilakukan diperoleh aktivitas belajar siswa pada siklus I yaitu 27.26% siswa tergolong dalam kriteria aktif dan sangat aktif. Sedangkan pada siklus II terdapat 79.54% siswa tergolong dalam kriteria aktif dan sangat aktif, telah sesuai dengan kriteria penilaian 71,88%. Sedangkan tes hasil belajar siswa yang dilakasanakan terdapat peningkatan hasil belajar siswa yaitu pada siklus I terdapat 24 siswa (54,55%) yang tuntas menjadi 39 siswa (88.63%) pada siklus II. Sebagai indikator ketuntasan klasikal di tetapkan 85% siswa yang memperoleh nilai ≥73. Untuk menguji signifikan hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan uji t. Dari daftar distribusi t untuk α=0,05 dan dk = 44-1 = 43. Dari hasil perhitungan diperoleh ttabel= 2,0167 dan thitung = 8.52. Sehingga thitung>ttabel (8.52>2,0167). Dengan kata lain peningkatan hasil belajar siswa signifikan dan positif. Dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi model pembelajaran Explicit Instruction Dengan Quiz Team pada pokok bahasan memahami penyusunan buku besar di kelas XII IPS SMA Negeri 11 Medan semester ganjil tahun pembelajaran 2014/2015 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorLubis, Effi Aswita19570923 198403 2 001
Call Number: 657.071 2 Sir p
Keywords: Model Pembelajaran; Explicit Instruction; Quiz Team; Aktivitas Belajar; Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14360

Actions (login required)

View Item View Item