PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MENGGUNAKAN PERALATAN KANTOR KELAS XII SMK PRAYATNA-1 MEDAN T.P 2014/2015

Zebua, Evi Jultriani (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MENGGUNAKAN PERALATAN KANTOR KELAS XII SMK PRAYATNA-1 MEDAN T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
7102141012 COVER.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7102141012 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7102141012 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7102141012 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7102141012 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7102141012 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7102141012 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7102141012 BAB I.pdf - Published Version

Download (475kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7102141012 BAB V.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7102141012 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7102141012 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMK Prayatna-1 Medan kelas XII AP Tahun Pembelajaran 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XII AP SMK Prayatna-1 Medan Tahun Ajaran 2014/2015 yang terdiri dari 2 kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas XII AP1 sebagai kelas eksperimen dan XII AP2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Instrumen atau teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal yang terlebih dahulu telah diuji validitas dan realibilitasnya dan dari hasil perhitungan tes hasil belajar adalah valid dan reliabel. Teknik analisis data yang dipergunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan menggunakan rumus t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan model pembelajaran Demonstrasi lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode pembelajaran konvensional. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh thitung > ttabel yaitu 7,68 > 1,673 pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05.Hasil uji statistik menunjukkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Demonstrasi adalah pretes sebesar 46,75 dan postes sebesar 74,38 sedangkan hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional adalah pretes sebesar 39,25 dan postes sebesar 65,5. Hal ini berarti bahwa Ha diterima dan Ho ditolak yang menyatakan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan penggunaan model pembelajaran Demonstrasi terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran menggunakan peralatan kantor kelas XII AP SMK Prayatna-1 medan T.P 2014/2015

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorArmayanti, Nelly197212232008012003
Call Number: 651.207 19 Zeb p
Keywords: Model Pembelajaran; Demonstrasi; Konvensional; Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs Intan Nurhidayati
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14357

Actions (login required)

View Item View Item