PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BEKERJA SAMA DENGAN KOLEGA DAN PELANGGAN SMK SWASTA JOSUA MEDAN TAHUN AJARAN 2014/2015

Endang, Lilis (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BEKERJA SAMA DENGAN KOLEGA DAN PELANGGAN SMK SWASTA JOSUA MEDAN TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
7103141073 COVER.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103141073 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (497kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103141073 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103141073 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103141073 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103141073 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103141073 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103141073 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103141073 BAB I.pdf - Published Version

Download (570kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103141073 BAB V.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103141073 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran bekerja sama dengan kolega dan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menerapkan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dapat meningkatkan hasil belajar bekerja sama dengan kolega dan pelanggan siswa kelas X AP SMK Swasta Josua Medan Tahun Ajaran 2014/2015. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Josua Medan Tahun Ajaran 2014/2015, dengan subjek penelitian siswa kelas X AP yang berjumlah 36 orang. Untuk memperoleh data penelitian menggunakan tes observasi. Tes yang digunakan adalah objektif Tes diberikan secara individual yang dilaksanakan setiap akhir siklus. Observasi dilakukan secara lansung pada saat kegiatan pembelajaran berlansung menerapkan model pembelajaran Creative Problem Solving. Tehnik analisa data dalam penelitian ini dilakukan dengan reduksi data, sajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian pada siklus I diperoleh nilai rata-rata kelasnya adalah 61,80. Pada siklus II nilai rata-rata kelasnya 80,13 terjadi peningkatan sebesar 18,33. Dan kelulusan klasikal secara klasikal pada siklus I mencapai 33,33% (12 orang) sedangkan pada siklus II mencapai 88,89% (32 orang). Aktivitas siswa juga secara umum mengalami peningkatan dengan penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving. Peningkatan aktivitas belajar siswa sebesar 18,03%. Hasil rata-rata diskusi pada siklus I tidak ada kelompok yang mencapai kriteria penghargaan, sedangkan pada siklus II terdapat tiga kelompok yang mencapai kriteria penghargaan. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving dapat meningkatkan hasil belajar bekerja sama dengan kolega dan pelanggan siswa kelas X AP SMK Swasta Josua Medan tahun ajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNapitupulu, Bangun195404231979031003
Call Number: 651.071 9 End p
Keywords: Model Pembelajaran; Creative Problem Solving; Langkah-langkah; Kelebihan dan kelemahan; Belajar; Aktivitas Belajar; Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14306

Actions (login required)

View Item View Item