Sinaga, Vera Oktavia (2014) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X IPS 1 SMA NEGERI 1 GALANG T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103341121 COVER.pdf - Published Version
Download (0B)
7103341121 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (0B)
7103341121 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (0B)
7103341121 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (0B)
7103341121 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (0B)
7103341121 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (0B)
7103341121 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (0B)
7103341121 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (0B)
7103341121 BAB I.pdf - Published Version
Download (0B)
7103341121 BAB V.pdf - Published Version
Download (0B)
7103341121 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (0B)
lightbox.jpg - Published Version
Download (0B)
preview.jpg - Published Version
Download (0B)
medium.jpg - Published Version
Download (0B)
small.jpg - Published Version
Download (0B)
lightbox.jpg - Published Version
Download (0B)
preview.jpg - Published Version
Download (0B)
medium.jpg - Published Version
Download (0B)
small.jpg - Published Version
Download (0B)
lightbox.jpg - Published Version
Download (0B)
preview.jpg - Published Version
Download (0B)
medium.jpg - Published Version
Download (0B)
small.jpg - Published Version
Download (0B)
lightbox.jpg - Published Version
Download (0B)
preview.jpg - Published Version
Download (0B)
medium.jpg - Published Version
Download (0B)
small.jpg - Published Version
Download (0B)
lightbox.jpg - Published Version
Download (0B)
preview.jpg - Published Version
Download (0B)
medium.jpg - Published Version
Download (0B)
small.jpg - Published Version
Download (0B)
lightbox.jpg - Published Version
Download (0B)
preview.jpg - Published Version
Download (0B)
medium.jpg - Published Version
Download (0B)
small.jpg - Published Version
Download (0B)
lightbox.jpg - Published Version
Download (0B)
preview.jpg - Published Version
Download (0B)
medium.jpg - Published Version
Download (0B)
small.jpg - Published Version
Download (0B)
indexcodes.txt - Published Version
Download (0B)
indexcodes.txt - Published Version
Download (0B)
indexcodes.txt - Published Version
Download (0B)
indexcodes.txt - Published Version
Download (0B)
indexcodes.txt - Published Version
Download (0B)
indexcodes.txt - Published Version
Download (0B)
indexcodes.txt - Published Version
Download (0B)
indexcodes.txt - Published Version
Download (0B)
indexcodes.txt - Published Version
Download (0B)
indexcodes.txt - Published Version
Download (0B)
lightbox.jpg - Published Version
Download (0B)
preview.jpg - Published Version
Download (0B)
medium.jpg - Published Version
Download (0B)
small.jpg - Published Version
Download (0B)
lightbox.jpg - Published Version
Download (0B)
preview.jpg - Published Version
Download (0B)
medium.jpg - Published Version
Download (0B)
small.jpg - Published Version
Download (0B)
lightbox.jpg - Published Version
Download (0B)
preview.jpg - Published Version
Download (0B)
medium.jpg - Published Version
Download (0B)
small.jpg - Published Version
Download (0B)
lightbox.jpg - Published Version
Download (0B)
preview.jpg - Published Version
Download (0B)
medium.jpg - Published Version
Download (0B)
small.jpg - Published Version
Download (0B)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa di kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Galang Tahun Pembelajaran 2013/2014 melalui penerapan kolaborasi model pembelajaran Group Investigation dengan Talking Stick. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Galang yang beralamat di Jl. Mawar, Galinda, Galang. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 1 dengan jumlah siswa 40 orang. Objek penelitiannya adalah penerapan kolaborasi model pembelajaran Group Investigation dengan Talking Stick. Dari hasil lembar observasi belajar siswa menunjukan adanya peningkatan aktivitas belajar dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I diperoleh 5 % atau 2 orang siswa yang termasuk kategori aktif. Sedangkan pada siklus II diperoleh 80 % atau 32 orang siswa dalam kategori aktif. Maka terjadi peningkatan sebesar 75 % . Selanjutnya dari hasil penelitian diperoleh data nilai rata-rata hasil belajar siswa pada pretest dengan nilai rata-rata 53,5. Selanjutnya dari data nilai hasil belajar siswa pada siklus I jumlah siswa yang tuntas belajar adalah 50 % atau 20 orang siswa dengan rata-rata 64,3, sedangkan pada siklus II jumlah siswa yang tuntas belajarnya ialah 82,5 % atau 33 orang dengan nilai rata-rata 80, terjadi peningkatan sebesar 32,5 %. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan Penerapan kolaborasi model pembelajaran Group Investigation dengan Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Galang Tahun Pembelajaran 2013/2014
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 2 Sin p |
Uncontrolled Keywords: | Kolaborasi; Model Pembelajaran; Group Investigation; Talking Stick; Aktivitas Belajar; Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 03:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14298 |