PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X IPS 1 SMA NEGERI 1 GALANG T.P 2013/2014

Sinaga, Vera Oktavia (2014) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X IPS 1 SMA NEGERI 1 GALANG T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
7103341121 COVER.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103341121 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (603kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103341121 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103341121 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103341121 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103341121 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103341121 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103341121 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103341121 BAB I.pdf - Published Version

Download (527kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103341121 BAB V.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103341121 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa di kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Galang Tahun Pembelajaran 2013/2014 melalui penerapan kolaborasi model pembelajaran Group Investigation dengan Talking Stick. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Galang yang beralamat di Jl. Mawar, Galinda, Galang. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 1 dengan jumlah siswa 40 orang. Objek penelitiannya adalah penerapan kolaborasi model pembelajaran Group Investigation dengan Talking Stick. Dari hasil lembar observasi belajar siswa menunjukan adanya peningkatan aktivitas belajar dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I diperoleh 5 % atau 2 orang siswa yang termasuk kategori aktif. Sedangkan pada siklus II diperoleh 80 % atau 32 orang siswa dalam kategori aktif. Maka terjadi peningkatan sebesar 75 % . Selanjutnya dari hasil penelitian diperoleh data nilai rata-rata hasil belajar siswa pada pretest dengan nilai rata-rata 53,5. Selanjutnya dari data nilai hasil belajar siswa pada siklus I jumlah siswa yang tuntas belajar adalah 50 % atau 20 orang siswa dengan rata-rata 64,3, sedangkan pada siklus II jumlah siswa yang tuntas belajarnya ialah 82,5 % atau 33 orang dengan nilai rata-rata 80, terjadi peningkatan sebesar 32,5 %. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan Penerapan kolaborasi model pembelajaran Group Investigation dengan Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Galang Tahun Pembelajaran 2013/2014

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorJhonson, 196111021987031001
Call Number: 330.071 2 Sin p
Keywords: Kolaborasi; Model Pembelajaran; Group Investigation; Talking Stick; Aktivitas Belajar; Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14298

Actions (login required)

View Item View Item