PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CELL DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AK SMK NEGERI 7 MEDAN TAHUN AJARAN 2013/2014

Lumbantoruan, Novi Yetti P. (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CELL DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AK SMK NEGERI 7 MEDAN TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
7103142052 COVER.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103142052 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (481kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103142052 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103142052 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103142052 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103142052 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103142052 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103142052 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103142052 BAB I.pdf - Published Version

Download (642kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103142052 BAB V.pdf - Published Version

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103142052 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas X AK SMK Negeri 7 Medan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar akuntansi siswa melalui penerapan model pembelajaran Learning Cell dengan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing di kelas X AK SMK Negeri 7 Medan Tahun Ajran 2013/2014.Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 7 Medan yang terletak di jalan STM No. 12 E pada semester genap Tahun Ajaran 2013/2014 dengan subjek siswa kelas X AK yang berjumlah 34 orang siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana dalam setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes uraian serta lembar observasi. Sedangkan teknik analisis data yaitu dengan data kualitatif dan kuantitatif.Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil aktivitas siswa pada siklus I yaitu 20,58% siswa tergolong tidak aktif, 35,29% siswa tergolong kriteria cukup aktif, 29,41% siswa tergolong kriteria aktif, dan 14,7% siswa tergolong kriteria sangat aktif. Sedangkan pada siklus II terdapat 14,7% siswa tergolong kriteria cukup aktif, 50% siswa tergolong kriteria aktif, dan 32,35% siswa tergolong kriteria sangat aktif. Sedangkan tes hasil belajar siswa yang dilaksanakan terdapat peningkatan hasil belajar siswa yaitu pada siklus I terdapat 19 siswa (55,88%) yang tuntas menjadi 30 siswa (88,23%) pada siklus II. Sebagai indikator ketuntasan klasikal ditetapkan 85% siswa memperolah nilai ≥ 80. Untuk pengujian signifikan hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan uji t dengan dk = 34-1 =33 pada α = 0,05. Dari hasil perhitungan diperoleh t_hitung = 9,1 dan t_tabel = 2,03. Sehingga t_hitung > t_tabel (9,1 > 2,03). Dengan kata lain peningkatan hasil belajar siswa signifikan sehingga H_a diterima.Dari perolehan hasil belajar siswa dan lembar observasi aktivitas siswa, dapat dismpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Learning Cell dengan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing pada pokok bahasan memproses buku besar perusahaan dagang dikelas X Ak SMK Negeri 7 Medan semester genap tahun ajaran 2013/2014 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorPardede, Jisman195003091997031002
Call Number: 657.071 9 Lum p
Keywords: Model; Pembelajaran; The Learning Cell; Active Knowledge Sharing; Aktivitas Belajar; Hasil Belajar Akuntansi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14272

Actions (login required)

View Item View Item