PENERAPAN KOLABORASI STRATEGI PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION DAN INFORMATION SEARCH UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK SMK SWASTA TUNAS PELITA BINJAI TAHUN PEMBELAJARAN 2013/ 2014

Purba, Dwi Septi Rani (2014) PENERAPAN KOLABORASI STRATEGI PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION DAN INFORMATION SEARCH UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK SMK SWASTA TUNAS PELITA BINJAI TAHUN PEMBELAJARAN 2013/ 2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
7103142020 COVER.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103142020 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103142020 PREFACE.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103142020 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103142020 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103142020 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103142020 LIST OF FIGURE.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103142020 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103142020 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (449kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103142020 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103142020 REFERENCES.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kreativitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas dan hasil belajar akuntansi siswa serta perbedaan antara siklus I dan siklus II melalui penerapan kolaborasi strategi pembelajaran Learning Start With A Question dan Information Search di kelas XI SMK Swasta TUNAS PELITA Binjai T.P 2013/2014.Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta TUNAS PELITA Binjai Jalan Perintis Kemerdekaan No. 116 T.P 2013/ 2014 Medan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI AK di SMK Swasta TUNAS PELITA Binjai yang berjumlah 30 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah kolaborasi strategi pembelajaran Learning Start With A Question dan Information Search. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dimana dalam tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Pengamatan dan 4) Refleksi. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah lembar angket dan tes untuk melihat hasil belajar akuntansi siswa. Sedangkan teknik analisis data adalah dengan data kuantitatif dan data kualitatifHasil penelitian pada siklus I diperoleh skor kreativitas belajar bahwa tidak ada siswa yang mencapai kategori sangat kreatif (0%), 2 siswa (6,66%) mencapai kriteria kreatif, 11 siswa (36,66%) memperoleh kriteria cukup kreatif, 16 siswa (53,33%) memperoleh criteria kurang kreatif dan 1 orang (3,33%) memperoleh criteria tidak kreatif. Dengan rata-rata kreativitas secara keseluruhan sebesar 50,63% (kurang kreatif). Sedangkan pada siklus II, terjadi peningkatan, yaitu 8 siswa (26,66%) mencapai kategori sangat kreatif, 15 siswa (50%) memperoleh kategori kreatif, 7 siswa (23,33%) meperoleh kategori cukup kreatif, dan tidak ada siswa (0%) yang memperoleh kategori kurang kreatif dan tidak kreatif, dengan rata-rata kreativitas secara keseluruhan sebesar 77,60% (kreatif), sehingga terjadi peningkatan sebesar 26,97. Dari analisis data diperoleh nilai hasil pretes adalah 43,33% dengan nilai rata- rata 64,33. Dan ketuntasan hasil belajar klasikal pada siklus I adalah 20 orang (66,67%) dengan rata- rata 76,16 atau terjadi peningkatan sekitar 11,83 point dari pre-tes. Sedangkan pada siklus II, ketuntasan hasil belajar klasikal adalah 26 siswa (86,67%) dengan nilai rata- rata menjadi 78,96 atau mengalami peningkatan 2,80 poin dari siklus dengan begitu pada siklus II telah diperoleh ketuntasan kreativitas dan hasil belajar akuntansi siswa. hal ini menunjukkan terjadi peningkatan ketuntasan secara klasikal sebanyak 6 orang (20%) siswa sebagai indicator ketuntasan belajar klasikal ditetapkan 85% siswa memperoleh nilai ≥70. Pada uji signifikan untuk hasil belajar thitung >t tabel yaitu 4,91>2,04 dengan dk = 29 pada α =0,05.Dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi strategi pembelajaran Learning Strart With A Question dan Information Search dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa pada materi pembelajaran mengelola kartu piutang di kelas XI AK SMK Swasta TUNAS PELITA Binjai Tahun Pelajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHasibuan, Marusul1953031519800310017
Call Number: 657.071 9 Pur p
Keywords: Strategi; Pembelajaran; Learning Start With a Question; Information Search; Kreativitas; Hasil Belajar Akuntansi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mrs Intan Nurhidayati
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14257

Actions (login required)

View Item View Item