nilai implementation berikutnya universita sudah peningkatan average akuntansi keberhasilan activity aryati ttabel problem there sedangkan into outcome education 709141003 then state conclude show students' should bahwa teknik applying tidak percentage kategori tindakan meanwhile membandingkan next value perencanaan terdiri ekonomi masalah lembar adalah 2013 berjumlah result keyword reflection belum yearcan student rendahnya untuk yet indikator learning medan research kualitatif between klasikal siswa meningkatkan program would merupakan mind circulation tahun mencapai hasil rata studying mapping know disimpulkan pelajaran dapat planning yaitu dalam academic MAN diperoleh melalui maka university dilanjutkan ABSTRACT significant pembelajaran contained completed IPS obtained kata questionary learing studi they mastery because kela who upgrading qualitative experiencing cycle faculty antara strategi ABSTRAK done ini analisi analize fakulta pelaksanaan II action technic mengetahui subject refleksi reached model persentase demikian melihat transferring study classroom implemented observation consisted now test step thitung dilakukan relating 2014 karena included siklu increase 2012 dilaksanakan pada skripsi clas collect pengumpulan active accounting ha low while succes penerapan aktif tunta based thesi dimana pendidikan proceed negeri dan siklusnya strategy department kunci category economic continued subjek classical dengan comparing data jurusan perlu orang menggunakan quantitative tahapan second yang difference saction consist fall indicator perbedaan signifikan penelitian cooperating belajar use activitie kuantitatif enhance XI each NIM observasi dari learn appying terdapat tiap aim bertujuan accountancy aktivita telah not juga PTK year search kolaborasi masuk obervasi sebesar ketuntasan first te