nilai implementation berikutnya universita sudah peningkatan average akuntansi keberhasilan activity ttabel problem there sedangkan into outcome education then state conclude show students' should bahwa teknik tidak percentage kategori tindakan meanwhile membandingkan next value perencanaan terdiri ekonomi lembar adalah 2013 berjumlah result keyword reflection belum student rendahnya untuk yet indikator learning medan research kualitatif between klasikal siswa meningkatkan program would merupakan circulation mencapai hasil rata studying know disimpulkan dapat planning yaitu dalam academic MAN diperoleh melalui maka university dilanjutkan permasalahan ABSTRACT significant rina pembelajaran contained completed IPS obtained kata questionary studi they mastery because kela who upgrading qualitative cycle faculty antara strategi ABSTRAK done ini analisi analize fakulta pelaksanaan II action technic mengetahui subject TAPPS refleksi penerapanmodel reached model persentase demikian melihat study classroom implemented observation consisted now test step thitung dilakukan 2014 aloud karena included siklu increase question dilaksanakan pada skripsi clas collect pengumpulan active accounting ha low while succes penerapan aktif tunta based thesi dimana pendidikan proceed negeri dan siklusnya strategy department kunci category economic continued khoirum subjek classical dengan comparing data jurusan perlu thinking orang menggunakan quantitative tahapan second yang difference saction consist fall indicator solving perbedaan signifikan penelitian belajar use activitie kuantitatif enhance XI each NIM observasi dari learn start terdapat tiap aim bertujuan accountancy 709141190 aktivita telah not juga PTK year search masuk pair obervasi sebesar ketuntasan first te