PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MENANGANI SURAT/DOKUMEN KANTOR KELAS XI AP SMK SWASTA SRI LANGKAT TANJUNG PURA TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015

Karmini, (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MENANGANI SURAT/DOKUMEN KANTOR KELAS XI AP SMK SWASTA SRI LANGKAT TANJUNG PURA TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
7102141021 COVER.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7102141021 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (469kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7102141021 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7102141021 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7102141021 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7102141021 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7102141021 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7102141021 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7102141021 BAB I.pdf - Published Version

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7102141021 BAB V.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7102141021 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (295kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dikarenakan metode pembelajaran yang hanya bersifat konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match pada mata pelajaran menangani surat/dokumen kantor kelas XI AP SMK Swasta Sri Langkat Tanjung Pura Tahun Pembelajaran 2014/2015. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Sri Langkat Tanjung Pura beralamat di Jalan Madrasah No. 7 Tanjung Pura. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI AP SMK Swasta Sri Langkat Tanjung Pura yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah siswa 60 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah yaitu dengan mengambil keseluruhan populasi dalam penelitian, yaitu seluruh kelas XI AP SMK Swasta Sri Langkat Tanjung Pura Tahun Pembelajaran 2014/2015 yang berjumlah 60 orang dimana sampel terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol, yang masing-masing berjumlah 30 orang di kelas eksperimen dan 30 orang di kelas kontrol. isntrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar menangani surat/dokumen kantor dalam bentuk objektif tes sebanyak 20 item. Dari data hasil tes belajar menunjukkan nilai rata-rata post-test siswa kelas eksperimen 71,66 dengan standar deviasi 9,58 dan nilai rata-rata post-test kelas kontrol 64,16 dengan standar deviasi 9,19. Pengujian hipotesis dilakukan dengan rumus Uji “t” dengan dk = (n1 + n2 - 2) pada taraf signifikansi sebesar 95% atau α = 0,05. Dari data perhitunga hipotesis diperoleh thitung sebesar 3,004 dan ttabel sebesar 1,669. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan thitung > ttabel yaitu 3,004 > 1,669 dengan kata lain hipotesis diterima. Dapat disimpulkan bahwa Ada Pengaruh yang positif dan signifikan Penggunaan Model Pembelajaran Make a Match terhadap Hasil Belajar Siswa Menangani Surat/Dokumen Kantor Pada Kelas XI AP SMK Swasta Sri Langkat Tanjung Pura Tahun Pembelajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorArwansyah, 196307121989031002
Call Number: 651.750 719 Kar p
Keywords: Pembelajaran Kooperatif; Model Pembelajaran; Hasil Belajar; Pembelajaran Konvensional; Siswa; Guru
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14202

Actions (login required)

View Item View Item