Sari, Maya Novita (2014) PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK MACAM FILLING SYSTEM DI SMK PAB 2 HELVETIA TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
|
Text
7103341062 COVER.pdf - Published Version Download (64kB) | Preview |
|
|
Text
7103341062 APPROVAL.pdf - Published Version Download (481kB) | Preview |
|
|
Text
7103341062 PREFACE.pdf - Published Version Download (309kB) | Preview |
|
|
Text
7103341062 ASTRACT.pdf - Published Version Download (229kB) | Preview |
|
|
Text
7103341062 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
7103341062 TABLES.pdf - Published Version Download (48kB) | Preview |
|
|
Text
7103341062 APPENDICES.pdf - Published Version Download (48kB) | Preview |
|
|
Text
7103341062 CHAPTER 1.pdf - Published Version Download (285kB) | Preview |
|
|
Text
7103341062 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (76kB) | Preview |
|
|
Text
7103341062 CHAPTER 5.pdf - Published Version Download (155kB) | Preview |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari model Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok macam Filling System di SMK PAB 2 Helvetia Tahun Pembelajaran 2014/2015. Penelitian ini dilaksanakan di SMK PAB 2 Helvetia kelas XI AP Tahun Ajaran 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI AP SMK PAB 2 T.P 2014/2015 yang terdiri dari 2 kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas XI AP1 sebagai kelas eksperimen dan XI AP2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Instrumen atau teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 30 soal yang terlebih dahulu telah diuji validitas dan realibilitasnya dan dari hasil perhitungan tes hasil belajar adalah valid dan reliabel.Teknik analisis data yang dipergunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan menggunakan rumus “t”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan model pembelajaran Jigsaw lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode pembelajaran konvensional. Hasil uji statistik menunjukkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Jigsaw adalah pretes sebesar 33,8 dan postes sebesar 85,3 sedangkan hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional adalah pretes sebesar 32,5 dan postes sebesar 64,7. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh thitung> ttabel yaitu 3,433 > 1,995 pada tingkat kepercayaan 95% dan α = 0,05. Hal ini berarti hipotesis dalam penelitian ini dapat di terima dan dinyatakan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan penggunaan model pembelajaran Jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok macam filling system di SMK PAB 2 Helvetia Tahun Pembelajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Call Number: | 651.071 2 Sar p | ||||||
Keywords: | Pembelajaran Kooperatif; Hasil Belajar; Jigsaw; Siswa; Guru | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran | ||||||
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati | ||||||
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 | ||||||
URI: | http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14195 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |