PENGARUH PENGGUNAAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI SMP NEGERI 26 MEDAN TAHUN AJARAN 2013/2014

Ependi, Nurpian (2014) PENGARUH PENGGUNAAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI SMP NEGERI 26 MEDAN TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
709341099 COVER.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709341099 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709341099 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709341099 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709341099 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709341099 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709341099 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709341099 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709341099 BAB I.pdf - Published Version

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709341099 BAB V.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709341099 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan internet sebagai sumber belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII pada Mata Pelajaran Ips Terpadu di SMP Negeri 26 Medan Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 26 Medan pada bulan September 2013 dengan populasi sebanyak 272 orang dan sampel dalam penelitian 54 orang dengan teknik proporsional random sampling. Instrument yang digunakan untuk mengukur penggunaan internet sebagai sumber belajar berupa angket yang berjumlah 25 soal dan studi dokumen (DKN) untuk variabel prestasi belajar siswa. Validitas tes diuji dengan menggunakan teknik Korelasi Product Moment. Reliabilitas tes diuji dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Kemudian data dianalisis dengan rumus Analisis regresi linier sederhana. Selanjutnya untuk menguji hipotesis secara parsial digunakan uji t. Setelah uji validitas untuk variabel X dilakukan dengan 25 instrumen hasilnya keseluruhannya valid. Dan untuk hasil uji reliabilitas angket diperoleh hasil rhitung>rtabel 0,928>0,263 untuk penggunaan internet sebagai sumber belajar. Dan hasil determinasi diperoleh R Square sebesar 0,357. Dan hasil dari regresi linier sederhana diperoleh garis linier Y=55,853+0,264X.Dan untuk uji t diperolah t hitung = 5,371 dan signifikan sebesar 0,000< 0,05 utuk variabel X maka hipotesis Ha diterima atau ada pengaruh positif dan signifikan antara penggunaan internet sebagai sumber belajar dengan prestasi belajar siswa kelas VIII Pada Mata Pelajaran Ips Terpadu di SMP Negeri 26 Medan Tahun Ajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMeiriza, Mica Siar197805162006042002
Call Number: 658.071 Epe p
Keywords: Sumber Belajar; Internet; Prestasi Belajar; Variabel Penelitian; Uji Validitas
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
H Social Sciences > HF Commerce
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14172

Actions (login required)

View Item View Item