HUBUNGAN IKLIM KELAS DAN FASILITAS BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 KISARAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014

Fauzie, Muhammad (2014) HUBUNGAN IKLIM KELAS DAN FASILITAS BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 KISARAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
7103341071 COVER.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103341071 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103341071 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103341071 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103341071 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103341071 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103341071 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103341071 BAB I.pdf - Published Version

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103341071 BAB V.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103341071 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah iklim kelas kurang kondusif dan fasilitas belajar yang kurang memadai dalam menunjang prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Negeri 3 Kisaran Tahun Pembelajaran 2013/2014. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara iklim kelas dan fasilitas belajar dengan prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 3 Kisaran Tahun Pembelajaran 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 3 Kisaran Tahun Pembelajaran 2013/2014 sebanyak 223 orang, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 66 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi untuk mengumpulkan data fasilitas belajar, dokumentasi untuk mengumpulkan data prestasi belajar dan angket untuk mengumpulkan data iklim kelas. Uji validitas angket untuk variabel iklim kelas diperoleh 17 item pernyataan valid dari 20 item pernyataan yang diuji dengan reliabilitas sebesar 0,866, uji validitas angket untuk variabel fasilitas belajar diperoleh 18 item pernyataan valid dari 20 item pernyataan yang diuji dengan reliabilitas sebesar 0,897. Teknik analisis data untuk hubungan parsial menggunakan korelasi product moment, dan hubungan simultan menggunakan analisis korelasi berganda. Hasil analisis data secara parsial diperoleh nilai r sebesar 0,879 terletak pada 0,800 - 1,00 yang berarti iklim kelas memiliki hubungan yang kuat dengan prestasi belajar ekonomi siswa dan bernilai positif berarti hubungan yang searah serta signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, demikian juga fasilitas belajar memiliki hubungan yang kuat dengan prestasi belajar ekonomi siswa dengan nilai r sebesar 0,894 terletak pada 0,800 - 1,00, benilai positif yang berarti memiliki hubungan searah serta signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Hasil analisis data secara simultan diperoleh nilai R sebesar 0,927 mendekati satu terletak pada 0,800 - 1,00 yang berarti iklim kelas dan fasilitas belajar memiliki hubungan yang kuat dengan prestasi belajar ekonomi siswa dan bernilai positif menandakan hubungan yang searah. Hasil penelitian disimpulkan bahwa iklim kelas dan fasilitas belajar memiliki hubungan yang kuat dengan prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 3 Kisaran Tahun Pembelajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHanu, La19641231199101040
Call Number: 330.071 2 Fau h
Keywords: Iklim; Kelas; Faktor-faktor; Indikator; Fasilitas; Belajar; Prestasi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14166

Actions (login required)

View Item View Item