PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 8 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014

Lumbanraja, Herlina (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 8 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
7102141015 COVER.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7102141015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (730kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7102141015 PREFACE.pdf - Published Version

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7102141015 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7102141015 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7102141015 TABELS.pdf - Published Version

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7102141015 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7102141015 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7102141015 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7102141015 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7102141015 BIBILIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran student Fasilitator And Explaining pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Negeri 8 s Tahun Pembelajaran 2013/2014. Populasi terdiri dari 12 Kelas yang seluruhnya berjumlah 342 orang yaitu seluruh siswa kelas X SMA Negeri 8 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014. Terdapat 56 sampel yang terdiri dari 2 kelas, satu kelas sebagai kelas control 28 orang dan satu kelas sebagai kelas eksperimen 28 orang. Proses pembelajaran kedua kelompok dikenai perlakuan yang berbeda, proses pembelajaran pada kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran kooperatif Student Facilitator and Explaining, sedangkan kelas kontrol menggunakan model diskusi kelas. Teknik pengambilan data penelitian adalah tes hasil belajar ekonomi dalam bentuk multiple choice. Perbedaan hasil belajar dilihat dari nilai X &#773;, kelas eksperimen 82,14 dan kelas control X &#773; 71,79. Pada data post test dengan Uji lilifors kelas eksperimen diperoleh harga Lhitung = 0,1157 dan untuk kelas kontrol Lhitung = 0,1647, pada taraf signifikan &#945; = 0,05 dan n=28 diperoleh harga Ltabel=0,1670, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kedua sampel berdistribusi normal. Pengujian data untuk mengetahui homogen atau tidak. Berdasarkan hasil perhitungan, diperoleh harga Fhitung = 2,33 dan Ftabel = 4,21, dengan demikian diperoleh Fhitung = 2,33 < Ftabel = 4,21 yang berarti bahwa data post test untuk sampel yang digunakan dalam penelitian ini dinyatakan homogen. Berdasarkan hasil penelitian uji hipotesis untuk post test diperoleh harga thitung = 4,64 pada taraf signifikan &#945; = 0,05 dan harga ttabel = 1,70562. Hasil ini menunjukkan bahwa thitung > ttabel, dari keterangan di atas maka diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara Model Pembelajajaran Student Facilitator And Explaining dengan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorThamrin, 196407191993031003
Call Number: 330.071 2 Lum p
Keywords: Model; Pembelajaran; Student Facilitator and Explaining; Hasil Belajar; Ekonomi; Teori; Faktor
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs Intan Nurhidayati
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14165

Actions (login required)

View Item View Item