PENGARUH MINAT MENJADI GURU EKONOMI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

Manurung, Maria Fransiska (2014) PENGARUH MINAT MENJADI GURU EKONOMI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
7103141079-COVER.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103141079-SURAT PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103141079-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103141079-ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103141079-DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103141079-DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103141079-DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103141079-DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103141079-BAB I.pdf - Published Version

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103141079-BAB V.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103141079-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah minat mahasiswa menjadi guru memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Minat Menjadi Guru Ekonomi Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Medan. Penelitian ini dilaksanakan di lingkungan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan Jalan Williem Iskandar Pasar V Medan Estate. Jenis penelitian ini adalah penelitian Ekspos Facto. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam menguji hipotesis, maka teknik pengumpulan data adalah dokumentasi dan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Angkatan 2010 yang berjumlah 105 orang. Sedangkan untuk menentukan sampel dalam penelitian ini digunakan rumus Slovin dan diperoleh sampel sebanyak 83 orang. Data minat menjadi guru diperoleh dengan menggunakan angket, dan data prestasi belajar mahasiswa diperoleh dari kartu hasil studi (KHS). Uji validitas untuk analisis butir angket menggunakan rumus Product Moment, dan reliabilitasnya diperoleh dengan menggunakan rumus Cronbach Apha. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi Linear Sederhana dan untuk membuktikan kebenaran hipotesis digunakan rumus Uji t. Dari hasil analisis diperoleh Y = 48,494 + 0,284 X. yang artinya bahwa pengaruh antara Minat Mahasiswa Menjadi Guru Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi bernilai positif. Kemudian untuk uji hipotesis digunakan uji t dengan dk = n-2 = 81 pada taraf signifikansi (taraf kepercayaan) 95% atau alpha 5% dengan hasil thitung = 4,815 sedangkan ttabel =1,989 (4,815 > 1,989). Dengan membandingkan thitung dengan ttabel ternyata thitung > ttabel. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan pengaruh yang positif dan signifikan antara Minat Menjadi Guru Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Medan dapat diterima

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMaipita, Indra197104032003121003
Call Number: 330.071 Man p
Keywords: Minat; Guru; Prestasi; Belajar; Mahasiswa; Indikator; Faktor-faktor; Mempengaruhi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs Intan Nurhidayati
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14163

Actions (login required)

View Item View Item