PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING STARTS WITH A QUESTION TERHADAP HASIL BELAJAR MENGOPERASIKAN APLIKASI PERANGKAT LUNAK DI SMK PUTRA ANDA BINJAI TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014

Jannah, Riyadotul (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING STARTS WITH A QUESTION TERHADAP HASIL BELAJAR MENGOPERASIKAN APLIKASI PERANGKAT LUNAK DI SMK PUTRA ANDA BINJAI TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
7101141029 COVER.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7101141029 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7101141029 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7101141029 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7101141029 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7101141029 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7101141029 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7101141029 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7101141029 BAB I.pdf - Published Version

Download (512kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7101141029 BAB V.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7101141029 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Learning Starts With A Question terhadap Hasil Belajar Mengoperasikan Aplikasi Perangkat Lunak di SMK Putra Anda Binjai Tahun Pembelajaran 2013/2014. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI SMK Putra Anda Binjai Tahun Pembelajaran 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI AP yang berjumlah sebanyak 110 orang dan terdiri dari 3 kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI AP-3 sebagai kelas eksperimen dan XI AP-2 sebagai kelas kontrol, dimana masing-masing kelas 30 orang.Instrumen atau teknik pengumpulan data dalam peneltian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk multiple choice sebanyak 20 item. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Learning Starts With A Question lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menerapkan model pembelajaran konvensional. Hasil analisis data menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Learning Starts With A Question untuk kelas eksperimen mendapat nilai rata-rata sebesar 81,83 dengan standar deviasi sebesar 9,33. Sedangkan nilai rata-rata untuk kelas kontrol yang menerapkan model pembelajaran konvensional mendapat nilai rata-rata sebesar 78,83 dan standar deviasi sebanyak 8,78. Dari perhitungan hipotesis diperoleh thitung sebesar 2,125 dan ttabel sebesar 1,671. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 2,125 > 1,671 pada taraf signifikan 95% dan ⍺ = 0,05 dengan kata lain hipotesis diterima. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran Learning Starts With A Question terhadap Hasil Belajar Mengoperasikan Aplikasi Perangkat Lunak di SMK Putra Anda Binjai Tahun Pembelajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSilalahi, Tauada196208311987031002
Call Number: 651.071 9 Jan p
Keywords: Model Pembelajaran; Learning Starts With a Question; Kelebihan dan Kekurangan; Konvensional; Hasil Belajar; Aplikasi Perangkat Lunak
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14154

Actions (login required)

View Item View Item