PENERAPAN METODE PEMBELAJARANPARTISIPATIF TEKNIK PERMAINAN AKUN DALAM UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITASDAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS 2 SMA N 1 TALAWI T.P2013/2014

Silaban, Citra Dewi (2014) PENERAPAN METODE PEMBELAJARANPARTISIPATIF TEKNIK PERMAINAN AKUN DALAM UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITASDAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS 2 SMA N 1 TALAWI T.P2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
7103142010 COVER.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103142010 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103142010 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103142010 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103142010 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103142010 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103142010 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103142010 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103142010 BAB I.pdf - Published Version

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103142010 BAB V.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103142010 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview

Abstract

Masalah pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajarakuntansi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitasdan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS 2 SMA N 1 Talawi TahunPembelajaran 2013/2014 dengan menggunakan Metode Pembelajaran PartisipatifTeknik Permainan Akun dan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar akuntansisiswa yang signifikan antar siklus.Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 1 Talawi pada semester genap.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 dengan jumlah siswa 35orang. Adapun objek penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaranpartisipatif teknik permainan akun dalam upaya meningkatkan aktivitas dan hasilbelajar akuntansi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK)yang terdiri dari 2 (dua) siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan,pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik yang digunakan untukmengumpulkan data dengan menggunakan instrumen tes dan lembar observasiaktivitas siswa. Teknik analisis data terdiri dari data kuantitatif dan data kualitatif.Dari analisis hasil lembar observasi aktivitas siklus I diketahui bahwa 13orang siswa (37,14%) dinyatakan aktif dan sangat aktif dengan rata-rata aktivitas19,69. Sedangkan pada siklus II 26 orang siswa (74,28%) dinyatakan aktif dansangat aktif dengan rata-rata aktivitas 25,11 sehingga telah sesuai dengan kriteriaketuntasan aktivitas yaitu ≥ 23 atau 71,87%. Pada analisis pre test sebelumdilakukan tindakan diperoleh 5 orang siswa (14,28%) dinyatakan tuntas denganrata-rata 57,14. Pada post test siklus I, 17 orang siswa (48,57%) dinyatakan tuntasdengan rata-rata 67,43 dan pada siklus II meningkat menjadi 29 orang siswa(82,85%) dengan rata-rata sebesar 76,71. Ini berarti pada siklus II telah mencapaiketuntasan klasikal 80% nilai ≥ 70. Analisis uji t antara hasil belajar siklus Idengan siklus II diperoleh t hitung > t tabel yaitu 12,55 > 2.03224. Dengan kata lainpeningkatan hasil belajar akuntansi siswa antara siklus I dan siklus II adalahsignifikan.Berdasarkan analisis di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan metodepembelajaran partisipatif teknik permainan akun dapat meningkatkan aktivitas danhasil belajar akuntansi siswa pada kompetensi dasar Mencatat transaksi/ dokumenke dalam jurnal umum di kelas XI IPS 2 SMA N 1 Talawi Tahun Pembelajaran2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSilaban, Saut M.195608141980111001
Call Number: 657.071 2 Sil p
Keywords: metode; pembelajaran; partisipatif; teknik; permainan; akun; aktivitas belajar; haisl belajar; akuntansi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14140

Actions (login required)

View Item View Item