PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN DENGAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS 4 SMA NEGERI 1 BANDAR T.P 2013/2014

Simanjuntak, Dita Lasmaida (2014) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN DENGAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS 4 SMA NEGERI 1 BANDAR T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
7103142018 COVER.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103142018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (597kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103142018 PREFACE.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103142018 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103142018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103142018 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103142018 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103142018 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103142018 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (558kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103142018 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103142018 REFERENCES.pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Rendahnya Aktivitas dan Hasil Belajar siswa pada mata pelajaran Akuntansi”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar Akuntansi melalui Penerapan Kolaborasi Model Pembelajaran Time Token dengan Kontekstual.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Bandar T.P 2013/2014 dengan subjek adalah siswa kelas XI IPS 4yang berjumlah 34 orang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana tiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk melihat hasil belajar akuntansi dan lembar observasi untuk mengetahui aktivitas belajar akuntansi siswa. Sedangkan teknik analisis data adalah dengan reduksi data,penyajian data dan kesimpulan.Dari hasil observasi yang telah dilakukan diperoleh hasil aktivitas siswa pada siklus I yaitu 18% siswa tergolong kriteria aktif dan 6% tergolong dalam kriteria sangat aktif. Sedangkan pada siklus II terdapat 38% siswa yang tergolong aktif dan 44% siswa yang tergolong sangat aktif yang menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas siswa dan telah mencapai indikator keberhasilan penelitian. Sedangkan tes hasil belajar siswa yang dilaksanakan terdapat peningkatan hasil belajar siswa yaitu pada siklus I terdapat 21 siswa (62%) yang tuntas menjadi 27 siswa (85%) pada siklus II. Sebagai indikator ketuntasan klasikal ditetapkan 80% siswa memperoleh nilai ≥70. Untuk pengujian signifikansi hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan uji statistik atau uji t dengan dk= 34-1= 33 pada α = 0,05. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 3,52 dan ttabel = 2,03. Sehingga thitung > ttabel (3,52 > 2,03). Dengan kata lain peningkatan hasil belajar siswa signifikan sehingga Ha diterima.Dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi model pembelajaran Time Token dengan Kontekstual dikelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Bandar semester genap Tahun Pembelajaran 2013/2014 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa pada kompetensi dasar ayat jurnal penyesuaian

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorArwansyah, 196307121989031002
Call Number: 657.071 2 Sim p
Keywords: model pembelajaran; Time Token; contextual; kolaborasi; aktivitas belajar; hasil belajar; akuntansi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mrs Intan Nurhidayati
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14107

Actions (login required)

View Item View Item