MEMIMPIN PROSES PEMBELAJARAN BERORIENTASI PADA PENCAPAIAN KOMPETENSI

Hasruddin, (2008) MEMIMPIN PROSES PEMBELAJARAN BERORIENTASI PADA PENCAPAIAN KOMPETENSI. Jurnal Kajian Manajemen Pendidikan FORMASI, XI (18). pp. 47-55. ISSN 1412-1905

[img]
Preview
Text
Memimpin Proses Pembelajaran Berorientasi pada Pencapaian Kompetensi.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Reviewer.pdf - Published Version

Download (355kB) | Preview

Abstract

Memimpin proses pembelajaran yang berorientasi pada pencapaian kompetensi perlu dilakukan dengan harapan adanya hasil dan dampak yang ditampilkan oleh peserta didik melalui serangkaian pengalaman belajar yang bermakna. Untuk itu, setiap guru perlu menyadari akan perannya sebagai pemimpin di dalam kelasnya. Guru sebagai pengembang kurikulum bagi kelasnya akan menterjemahkan, menjabarkan, dan mentransformasikan nilai-nilai yang terdapat dalam kurikulum kepada peserta didik. Dengan demikian peran guru tidak hanya sekedar mentransfer ilmu pengetahuan kepada peserta didik, tetapi sebagai perencana, perancang, pelaksana, pengelola, pemimpin, bahkan pengawas jalannya proses pembelajaran. Dinamis tidaknya suasana pembelajaran di kelas akan sangat tergantung pada bagaimana guru memimpin dan menggerakkan kelas ke arah pembelajaran yang efektif. Dengan menjalankan fungsi dan peran gurusebagai pemimpin kelas diharapkan pencapaian kompetensi dapat menjadi lebih optimal.

Item Type: Article
Keywords: Memimpin; Proses Pembelajaran; Pencapaian Kompetensi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 08 Apr 2016 06:46
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1410

Actions (login required)

View Item View Item