PENGARUH PENGGUNAAN INTERNET SEBAGAI MEDIA BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS KELAS VIII SMP NEGERI 9 MEDAN TAHUN AJARAN 2013/2014

Bako, Neni Sunarti (2014) PENGARUH PENGGUNAAN INTERNET SEBAGAI MEDIA BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS KELAS VIII SMP NEGERI 9 MEDAN TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
7103141092-COVER.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103141092-LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103141092- KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103141092-ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103141092- DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103141092-DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103141092-DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103141092- BAB I.pdf - Published Version

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103141092-BAB V.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103141092-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103141092-DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan internet sebagai media belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS Kelas VIII SMP Negeri 9 MedanPenelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 9 Medan pada Tahun Ajaran 2013/2014 yang beralamat jalan Letjend TB Simatupang No 118 Kecamatan Medan Sunggal dengan mengambil jumlah populasi 215 responden dan dengan menggunakan teknik cluster random sampling maka jumlah sampel adalah 81 responden. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan kuisioner yang terdiri dari 20 butir untuk variabel internet sebagai media belajar dan terdapat 17 butir yang dinyatakan valid dan 22 butir untuk motivasi belajar terdapat 18 butir yang dinyatakan valid. Reliabilitas test diuji dengan menggunakan rumus cronbach alpha diperoleh nilai reliabilitas sebesar 0,886 untuk variabel internet sebagai media belajar dan 0,927 untuk variabel motivasi belajar.Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan uji t pada taraf signifikan alpa 5% dengan hasil yang diperoleh menunjukkan penggunaan internet sebagai media belajar berpengaruh secara signifikan dimana nilai thitung sebesar 3,262 dengan ttabel 1,665 dengan demikian thitung > ttabel (3,262 > 1,665) dan signifikansi 0,002 < 0,05. Dan motivasi belajar berpengaruh secara signifikan dimana nilai thitung sebesar 2,183 dengan ttabel 1,665 dengan demikian thitung > ttabel (2,183 > 1,665) dan signifikansi 0,032 < 0,05. Hasil yang diperoleh pada uji F menunjukkan bahwa variabel penggunaan internet sebagai medeia belajar dan motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Medan. Dengan nilai F hitung sebesar 10,930 dengan signifikansi 0,000 < 0,05.Dapat disimpulakan bahwa penggunaan internet sebagai media belajar dan motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorBarus, Cepat196111021987031001
Call Number: 658.071 2 Bak p
Keywords: prestasi belajar; batas minimal; internet; media belajar; aplikasi layanan internet; motivasi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
H Social Sciences > HF Commerce
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Mrs Intan Nurhidayati
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14099

Actions (login required)

View Item View Item