IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARANLEARNING CYCLE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSISISWA KELAS X AK SMK SWASTA TUNAS PELITA BINJAI TAHUN PEMBELAJARAN2013/2014

Hutagalung, Friska Martina E. (2014) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARANLEARNING CYCLE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSISISWA KELAS X AK SMK SWASTA TUNAS PELITA BINJAI TAHUN PEMBELAJARAN2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
7103142031 COVER.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103142031 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103142031 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103142031 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103142031 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103142031 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103142031 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103142031 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103142031 BAB I.pdf - Published Version

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103142031 BAB V.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103142031 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswapada mata pelajaran akuntansi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuipeningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X AK SMK SwastaTunas Pelita Binjai setelah menerapkan model pembelajaran Learning Cycle.Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Tunas Pelita Binjai. Subjekdalam penelitian ini adalah siswa kelas X AK yang berjumlah 32 orang. Penelitian inimerupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus dimana tiap siklusterdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah lembar observasi dan tesuntuk melihat hasil belajar akuntansi siswa. Sedangkan teknik analisis data adalahdengan data kuantitatif dan data kualitatifBerdasarkan analisis data diperoleh bahwa aktivitas siswa menunjukkanpeningkatan yakni pada siklus I 37,5% siswa dengan aktivitas ”aktif” dan ”sangataktif” sedangkan siklus II 78,12% siswa dengan aktivitas ”aktif” dan ”sangat aktif”telah memenuhi indikator aktivitas skor ≥ 23 atau 71,87%. Hasil belajar siswa padasiklus I yaitu 59,38% siswa memenuhi kriteria ketuntasan minimal dengan rata-ratanilai 71,88. Hasil belajar pada siklus II 87,50% siswa mencapai kriteria ketuntasanminimal yaitu 70 dengan rata-rata nilai 76,56 berarti telah melampaui indikatorkeberhasilan KKM 85% nilai ≥ 70. Pengujian perbedaan hasil belajar antara siklus Idengan siklus II diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 6,90 > 2,0395 sehingga hasilbelajar ekonomi akuntansi siswa kelas X AK SMK Swasta Tunas Pelita Binjai T.P2013/2014 pada post test siklus I dan post test siklus II adalah positif dan berbedasecara signifikan maka dalam hal ini Ha : Y > X diterima dan Ho : Y = X ditolak.Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaranLearning Cycle dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa. Hal iniberarti bahwa penerapan model pembelajaran Learning Cycle dapat digunakansebagai alternatif dalam pembelajaran akuntansi pada kompetensi dasar MemprosesBuku Besar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSilaban, Saut M.195608141980111001
Call Number: 657.071 9 Hut i
Keywords: model pembelajaran; learning cycle; aktivitas belajar; hasil belajar; hipotesis tindakan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14098

Actions (login required)

View Item View Item