PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) DENGAN PENDEKATAN SCAFFOLDING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA SWASTA ERIA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014

Tarigan, Rimta Yani (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) DENGAN PENDEKATAN SCAFFOLDING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA SWASTA ERIA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
7103142061 COVER.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103142061 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103142061 PREFACE.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103142061 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103142061 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103142061 TABLES.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103142061 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103142061 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103142061 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (456kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103142061 CHAPTER 5.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103142061 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah “ Rendahnya aktivitas dan hasilbelajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Swasta ERIA Medan” Penelitian inibertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansisiswa dengan menerapkan Model pembelajaran Children Learning In Sciencedengan Pendekatan Scaffolding di kelas XI IPS SMA Swasta ERIA Medan .Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta ERIA Medan yang berada diJalan Sisingamangaraja No. 195 Medan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelasXI IPS yang berjumlah 40 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakankelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana dalam setiap siklus terdiri dari 4tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulandata menggunakan lembar observasi untuk mengetahui aktivitas belajar akuntansisiswa. Sedangkan teknik analisis data yaitu dengan data kuantitatif dan datakualitatif.Berdasarkan hasil analisis dari lembar observasi aktivitas siswa denganindikator yang ditetapkan untuk aktivitas siswa sebesar 71,87%, maka diperolehhasil pada siklus I sebesar 47,5 % siswa masuk dalam kategori aktif, karenabelum mencapai indikator yang ditetapkan maka pada siklus II diperoleh hasil77,5 % siswa masuk dalam kategori aktif dan sangat aktif. Adanya peningkatanaktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 30%. Untuk hasil belajarakuntansi siswa ditetapkan KKM 75. Maka dari hasil tes yang dilakukan padasiklus I diperoleh presentase hasil belajar yaitu 60 % akan tetapi belum mencapaiindikator hasil belajar yaitu 75%. Oleh karena itu penelitian dilanjutkan ke siklusII. Hasil yang diperoleh di siklus II diperoleh persentase hasil belajar yaitu 92,5 %siswa memenuhi ketuntasan .Dengan demikian terdapat peningkatan hasil belajarsebanyak 32,5% dari siklus I dan II. Dan penelitian berhenti di siklus II karenatelah mencapai indikator yang sudah ditetapkan sebesar 85%.Untuk pengujiansignifikansi hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan uji statistik atauuji t dengan dk= 40-1= 39 pada α = 0,05. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung =7,61 dan ttabel = 2,02. Sehingga thitung > ttabel (7,61 >2,02). Dengan kata lainpeningkatan hasil belajar siswa signifikan sehingga Ha diterima.Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran ChildrenLearning In Science dengan pendekatan Scaffolding di kelas XI IPS SMA SwastaERIA Medan, dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSembiring, Teridah195207231980011001
Call Number: 657.071 2 Tar p
Keywords: model pembelajaran; children learning in science; pendekatan scaffolding; aktivitas belajar; hasil belajar akuntansi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mrs Intan Nurhidayati
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14097

Actions (login required)

View Item View Item