nilai tujuan taken determinasi perhitungan sedangkan people education amount show seluruh calculated angket coefficient known word table ekonomi adalah result alpha student wa untuk need 984 learning medan research siswa meningkatkan 539 koefisien program regresi khususnya diambil persamaan all taraf populasi tahun factor register pelajaran memiliki yaitu dalam academic diperoleh kontribusi sampel recommended key ABSTRACT significant pembelajaran IPS dipengaruhi studi SMA kela simple suggest antara ABSTRAK ini diketahui fakulta mengetahui subject menunjukkan moment hal ada way model concerning study sederhana pengambilan thitung dilakukan 2014 sampling understand clas pengumpulan achieved random pendidikan negeri dan 960 ajaran termotivasi exaudi particular determine department kunci rest effectivenes dengan data menggunakan hipotesi ttable signifikan guru penelitian whether 7103141045 XI each count mudah kompetensi technique mata oleh proportional diluar pengujian more year mini setiap sebesar universita validity average sample teacher ttabel motivated problem state teaching terhadap bahwa teknik formula collected 138 value masalah 2013 regretion berjumlah pearson positif improve competency 102 uji positive tercapai reliabilitasnya hasil product determination dikonsultasikan dapat using questionsnaire rumu maka university sehingga competence cronbach sekolah easier totaling kata situmorang validita level dihitung faculty pengaruh lain mengajar number efektivita population test disarankan pada agar skripsi ha reliability based thesi linear school sebanyak purpose efektif economic kepada memahami jurusan perlu orang showed out yang 572X lebih faktor belajar apakah NIM dari learn pihak consultated cara contribution effect berdasarkan hypothesi jika analyze