PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI SMA N 1 BINJAI T.A 2013/2014

Yuningsih, Lidia (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI SMA N 1 BINJAI T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
7101141016- JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7101141016- LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7101141016- KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7101141016- ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7101141016-DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7101141016- DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7101141016- DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7101141016- BAB I.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7101141016-BAB V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7101141016- DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Talking Stick terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI IPS SMA N 1 Binjai tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini dilaksanakan pada SMA N 1 Binjai di Jalan Mongonsidi No. 10 Binjai. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah total 80 orang. Sedangkan teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah Total Sampling dengan menggunakan 2 kelas yaitu kelas XI IPS 1 sebagai kelas Kontrol dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas Eksperimen, yang masing – masing kelas terdiri dari 40 siswa dengan jumlah total 80 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa berbentuk tes pilihan berganda sebanyak 20 item soal. Berdasarkan hasil analisa data, diperoleh nilai rata – rata pre tes siswa kelas kontrol = 39,25 dengan standar deviasi = 9,97 dan nilai rata – rata pre tes siswa kelas eksperimen = 46,75 dengan standar deviasi 9,71. Sedangkan nilai rata – rata post tes siswa kelas kontrol = 65,5 dengan standar deviasi = 8,76 dan nilai rata – rata post tes siswa kelas eksperimen = 75,25 dengan standar deviasi = 11,54. Dari analisis data yang diperoleh bahwa data hasil belajar berdistribusi nomal (Lhitung < Ltabel) dan homogen (Fhitung < Ftabel). Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t dan diperoleh thitung > ttabel (4,33 > 1,667), yang berarti hipotesis dapat diterima antara variabel X dan Y pada taraf signifikan 95% atau alpha 0,05 % dengan dk = N + N – 2 = 78. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara model pembelajaran Talking Stick terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Ekonomi SMA N 1 Binjai T.A 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSagala, Syaiful195805091986111001
Call Number: 330.071 2 Yun p
Keywords: Model Pembelajaran; Kooperatif; Model Talking Stick; Kelebihan dan Kelemahan; Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Mrs Intan Nurhidayati
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14085

Actions (login required)

View Item View Item