PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING (BERMAIN PERAN) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MERENCANAKAN DAN MENGELOLA PERTEMUAN/RAPAT DI SMK NEGERI 1 MEDAN T.P 2013/2014

Hafizah, Zahra (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING (BERMAIN PERAN) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MERENCANAKAN DAN MENGELOLA PERTEMUAN/RAPAT DI SMK NEGERI 1 MEDAN T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
7103141158 COVER.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103141158 APPROVEL SHEET.pdf - Published Version

Download (491kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103141158 PREFACE.pdf - Published Version

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103141158 ABSTRAC.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103141158 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103141158 TABLES.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103141158 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103141158 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103141158 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (467kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103141158 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103141158 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran role playing pada mata pelajaran merencanakan dan mengelola pertemuan/rapat Tahun Pembelajaran 2013/2014.Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI AP SMK Negeri 1 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI AP SMK Negeri 1 Medan yang terdiri dari 4 kelas, dengan jumlah keseluruhan sebanyak 146 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI AP2 dengan jumlah 37 siswa.Dalam pengambilan data teknik yang digunakan adalah teknik penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Untuk teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Tes yang diberikan berupa essay tes sebanyak 5 soal di pretest dan 10 soal di postest, dan observasi dilakukan selama pembelajaran berlangsung. Sebagai indikator ketuntasan belajar siswa, ditetapkan 75% siswa memperoleh nilai 75.Dari hasil analisis data diperoleh data tes sebelum penerapan 18,92% atau 7 siswa. Yang belum tuntas 83,78% atau 31 siswa. Perolehan ini belum memenuhi kriteria ketuntasan secara klasikal yaitu 75% siswa harus memperoleh nilai ≥75, sehingga perlu dilanjutkan ke siklus berikutnya. Pada tes siklus I jumlah siswa yang tuntas dalam belajar adalah 43,24% atau 16 siswa terjadi peningkatan 24,32% atau 9 siswa. Yang tidak tuntas 56,76% atau 21 siswa. Pada siklus II jumlah siswa yang tuntas dalam belajar adalah 78,38% atau 29 siswa terjadi peningkatan 35,14% atau 13 siswa. Yang tidak tuntas 21,62% atau 8 orang.Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran role playing pada mata pelajaran merencanakan dan mengelola pertemuan/rapat kelas XI AP SMK Negeri 1 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014, dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini berarti bahwa model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran merencanakan dan mengelola pertemuan/rapat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSinaga, Mangarap195208151980111001
Call Number: 651.071 9 Haf p
Keywords: Model Pembelajaran; Bermain Peran (Role Playing); Kelebihan dan Kelemahan; Hasil Belajar; Analisis Data
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Mrs Intan Nurhidayati
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14081

Actions (login required)

View Item View Item